Tuesday, 25 July 2017

Masuk BPJS Kesehatan, Penghalang Jadi Miskin

BENY RPP - Anggota Komisi IX DPR RI, Hj Elva Hartati SIP MM, menyampaikan ke Wartawan bahwa masuk BPJS Kesehatan Penghalan jadi Miskin.

CURUP RPP - Anggota Komisi IX DPR RI, Hj Elva Hartati SIP MM mengungkapkan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan suatu badan yang dibentuk untuk membantu masyarakat dibidang kesehatan. Dengan menjadi peserta BPJS kesehatan, dapat menghindari biaya besar saat menderita sakit. Hal tersebut disampaikannya saat sosialisasi bersama BPJS Kesehatan Cabang Curup di Ruang Pola Setdakab RL, Selasa (25/7).

"Kalau kita belum terdaftar BPJS kesehatan, jelas kita akan mengelurkan biaya yang besar untuk pengobatan. Bahkan, sampai menjual aset. Namun, dengan dibentuknya BPJS kesehatan ini, cukup Rp 25.500 saja per bulan, masyarakat sudah dijamin kesehatnnya dan tidak pusing dengan biaya yang dikelurakan ketika sakit," papar Elva.

Selain itu, bagi masyarakat yang menjadi peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan yang ditanggung pemerintah adalah Penerima Bantuan Iuran  (PBI). Yaitu, peserta JKN-KIS yang iurannya dibayar oleh pemerintah sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan. "Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, jaminan kesehatan memang ditanggung pemerintah. Namun hanya untuk PBI saja," papar politisi PDIP ini.

Penerima PBI ini merupakan masyarakat dari keluarga kurang mampu yang memenuhi syarat dan telah ditentukan oleh pemerintah melalui Dinas Sosial. Jika ada masyarakat yang memenuhi syarat untuk mendapat PBI, tetapi belum terdaftar. Mereka bisa mengajukan diri mendatangi RT atau RW setempat. Kemudian pihak RT atau RW ke kelurahan, kemudian kelurahan menyampaikannya ke camat dan selanjutnya camat menyampaikannya ke Dinas Sosial.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Cabang Curup, Syafrudin Imam Negara S.Si menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan kemarin merupakan kegiatan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait UU Nomor 40 Tahun 2004. "Dengan kegiatan ini apa yang dihasilkan oleh DPR bisa diketahui oleh kita bersama," pungkas Syafrudin.(ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Masuk BPJS Kesehatan, Penghalang Jadi Miskin Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai