Sunday, 16 July 2017

Jaringan Lelet, e-KTP Terhambat

SIBUK: Petugas Dukcapil saat melayani masyarakat dalam proses pencetakan e-KTP.
CURUP RPP - Proses pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Rejang Lebong (RL) masih terus dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten RL. Akan tetapi, menurut operator pencetakan KTP Elektronik, Dora, jaringan internet yang lelet membuat percetakan KTP menjadi terhambat.
"Tidak bisa cepat proses pencetakannya, saat akan input data ke sistem yang terkoneksi ke pusat jaringan internetnya lelet jadi agak lama prosesnya," ungkap Dora saat ditemui di ruang pencetakan KTP elektronik, Jumat (14/7) kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) RL H Bakrim, SH mengatakan, total penduduk wajib KTP elektronik per 22 Juni 2017 yang sudah melakukan perekaman sebanyak 167.583 dari total wajib KTP sebanyak 198.266 orang. Sedangkan jumlah penduduk RL (data semester II) sebanyak 274.815 jiwa.

Sejauh ini, KTP yang sudah siap cetak sebanyak 5.844 keping, yang tidak bisa dicetak sebanyak 375 keping dan sedang dalam pengiriman ke penerima sebanyak 1.639 keping. Ia juga mengatakan, sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam proses pencetakaan KTP elektronik masih terus jalan. Adanya operator yang tidak lulus tes Tenaga Kerja Sukarela (TKS) beberapa waktu lalu ternyata menurutnya sudah diantisipasi dengan PNS yang ada di Disdukcapil.
"TKS yang saat ini akan kita latih, kalau menarik lagi TKS yang lama ditarik lagi itu bukan kewenangan kami tapi nanti coba kita bicarakan ke BKD. Kalau pelatihan yang baru itu tidak sampai sebulan. Bahkan kemaren ada yang sehari sudah langsung bisa untuk perekaman. Jadi jumlah operator untuk pencetakan KTP minimal 3 orang, sekarang ada 2 orang PNS dan 2 TKS tapi yang sudah bisa mencetak hanya 1 orang PNS. Dalam sehari kita bisa mencetak antara 40 sampai 50 keping," pungkasnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Jaringan Lelet, e-KTP Terhambat Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai