Monday, 17 July 2017

Inspektor Turun ke Kepala Curup, Keterangan Pelapor Dinilai Kurang Jelas


CURUP RPP – Inspektorat akan turun langsung ke Desa Kepala Curup guna mendalami laporan kasus dugan penyelewengan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Kepala Curup. Hal ini dilakukan sebab keterangan dari enam orang pelapor dinilai belum jelas.

Seperti diketahui enam orang pelapor yang sudah diperiksa itu yakni Andri wisada, sugiono,  Riapum,  Saiful anwar, Asef dan Ujang. Mereka diperiksa empat orang pemeriksa masing-masing Rafriyal, ST, Manik, Yamin dan Rosi pada Sabtu (15/7) sekitar pukul 10.00 - 11.30 WIB.

Menurut salah satu pemeriksa, Rafriyal, keterangan dari para saksi yang diperiksa ini masih belum begitu jelas. Misalnya, ada penjelasan mengenai pembangunan drainase sepanjang 100 meter. Akan tetapi yang dikerjakan hanya 90 meter, sehingga mengalami kekurangan volume sebanyak 10 meter. Namun saksi mengaku tidak mengetahui secara pasti keberadaan dan kondisi drainase tersebut.
"Mereka hanya mengatakannya saja, tapi ketika pertanyaan diperdalam katanya mereka tidak tahu yang sebenarnya bagaimana. Oleh sebab itu nanti kita akan cek langsung ke lapangan saja supaya kita tahu mana yang benar dan mana yang salah ini," ungkap Rafriyal.

Sementara itu, Plt Inspektur Inspektorat RL, Dr Hambali menjelaskan, tujuan dari pemeriksaan para saksi ini bertujuan untuk mengkonfrontir dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait kasus yang diaporkan oleh warga Kepala Curup ini. Karena sebelumnya inspektorat juga telah memanggil kades yang dilaporkan oleh warga tersebut.

Guna memperjelas duduk permasalahan dan mencari tahu siapa yang bersalah dalam kasus ini, minggu ini inspektorat akan turun langsung ke lapangan untuk mengecek seluruh laporan warga, termasuk beberapa proyek fisik yang dikerjakan dengan ADD tahun 2016 tersebut.
"Saya minta kepada seluruh masyarakat kalau mengetahui ada dugaan penyelewengan penggunaan ADD dan DD silahkan laporkan ke kita. Supaya nanti bisa kita lakukan pembinaan, setelah mereka mengembalikan kerugian negara. Jadi tidak semuanya harus dijebloskan ke penjara. Kalau sudah mengembalikan uang kerugian baik dicicil atau tunai mereka selanjutnya cukup dibina saja," tegas Hambali. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Inspektor Turun ke Kepala Curup, Keterangan Pelapor Dinilai Kurang Jelas Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai