Sunday, 2 July 2017

Ibu Buang Bayi Jalani Operasi

Ilustrasi Operasi

CURUP RPP -
Setelah diamankan di Mapolres Rejang Lebong (RL), dari diagnosa dokter polres, Fi (17) warga Selupu Rejang akhirnya dibawa ke RSUD Curup. Hal ini akibat melakukan persalinan sendiri tanpa bantuan bidan maupun dokter mengakibatkan infeksi.   
Kapolres RL, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK melalui Paur Humas, Ipda Ahmad Gunawan, SH, didampingi Kasat Reskrim, AKP Chusnul Qomar, SH, SIk didampingi Kanit PPA, Ipda Deni Fita Mochtar mengungkapkan, melihat kondisi Fi yang lemah saat diamankan, pihaknya kemudian memeriksakan kesehatannya. Kemudian diketahui, pasca persalinan yang dilakukan sendiri, Fi mengalami infeksi. Tak ingin mengambil risiko, Fi dibawa ke RSUD Curup guna menjalani perawatan intensif dan Fi harus menjalani operasi. "Alhamdulillah operasinya berjalan lancar sekira pukul 07.00 WIB tadi (kemarin, red). Guna kepentingan kesembuhan Fi, orang tuanya yang mendampingi, didampingi anggota kita," ujar Deni. 
Selain itu, pihaknya juga telah mengamankan Iw (21), warga Selupu Rejang yang diduga pria yang menghamili Fi. Sejauh ini Iw masih dalam pemeriksaan yang dilakukan pihaknya. 
Sementara, Ketua Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) RL, Teti Sundari, menyampaikan, pihaknya akan mendampingi Fi di RSUD Curup, menjalani perawatan dan meminta pihak kepolisian menangguhkan penahanan Fi. Pasalnya, Fi yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, juga merupakan korban. 
Fi tega membuang bayi yang baru dilahirkannya lantaran terpaksa. "Kami minta agar pihak kepolisian bisa menangguhkan penahannya. Apalagi Fi saat ini menjalani perawatan di RSUD," kata Teti.

// Bayi Malang Diasuh Sementara

BAGIAN lain, sejak Sabtu (24/6) bayi malang yang dibuang Fi, diasuh sementara oleh seorang warga curup. Hingga kini, anak tersebut masih berstatus diasuh sementara.
Ketika dikonfirmasi, Kabid Sosial di Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ario Tomi, SE, menyampaikan, pihaknya belum mengetahui informasi terbaru terkait ditemukannya ibu dari sang bayi. Namun ia membenarkan jika bayi tersebut sudah diasuh sementara oleh warga Curup.
"Pemberian hak asuh sementara itu, karena hingga kemarin baru satu orang warga yang mengajukan siap mengasuh anak ini. Karena kita mau menghadapi libur Lebaran, maka kita berikan hak asuh sementara kepada warga tersebut," kata Ario Tomi.
Terkait informasi telah ditemukannya ibu yang telah membuang bayinya, pihaknya akan berkoordinasi dengan keluarga yang bersangkutan. Hal ini terkait bagaiman kelanjutan nasib sang bayi. Apakah pihak keluarga sanggup mengasuhnya atau tidak. 
Jika keluarga bayi ini tidak sanggup mengurus bayi tersebut, maka akan dibuat surat perjanjian pernyataan atas hal ini, yang diketahui kepada desa/ lurah setempat dan diketahui camat. Sehingga hak asuh bayi bisa dilimpahkan ke pengadilan dan diproses siapa yang berhak mengasuhnya. Namun sebelum proses pengadilan, tentunya harus mengajukan permohonan hak asuh beserta syarat-syarat yang harus dilengkapi. (wsa/ben)




  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Ibu Buang Bayi Jalani Operasi Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai