Friday, 7 July 2017

Dugaan Korupsi di Setwan Kepahiang,Tiga Serangkai Jadi Tersangka

Tsk RJ usai melakukan pemeriksaan
KEPAHIANG RPP - Setelah melewati waktu yang cukup panjang, akhirnya tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepahiang menepati janjinya untuk menetapkan tersangka pada perkara dugaan korupsi pada kegiatan pemeliharaan rutin/berkala Kendaraan Dinas (randis) /operasional pada Sekretariat Dewan (Setwan) tahun 2015  dengan anggaran Rp 1.239.780.000.

Dalam kasus ini jaksa menetapkan tiga orang tersangka masing-masing AM, mantan Kabag Umum Setwan Kepahiang bertindak selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), lalu RJ selaku PPTK dan WW selalu bendahara.

Tiga serangkai ini ditetapkan statusnya sebagai tersangka Kamis (6/7) siang setelah menjalani pemeriksaan sejak pukul 09.00 WIB. Usai penetapan, ketiganya langsung dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Curup dengan menggunakan mobil tahanan.

Kajari Kepahiang, H. Wargo, SH melalui Kasi Pidsus Arief Wirawan, SH, MH, menerangkan berdasarkan audit BPK diketahui dalam perkara tersebut telah merugikan negara sebesar Rp 584.035.853.00.

Dengan rincian, realisasi SP2D sebesar Rp 1.042.689.100.00. Dikurangi realisasi yang seharusnya Rp 421.354.003.00. Jumlah realisasi SP2D dikurangi realisasi yang seharusnya Rp  621.344.097.00.
"Lalu kemudian dikurangi lagi dengan pajak yang sudah disetor Rp 37.308.244.00. Maka kerugian negaranya sebesar Rp 584.035.853.00. Sampai dengan audit terakhir belum ada tindak lanjut terhadap kerugian negara tersebut,” ungkap Erief.

Diungkapkan Arief, modus yang dilakukan oleh tiga serangkai itu dengan melakukan manipulasi data dan mark up harga. "Untuk peran masing masing tersangka sesuai dengan tupoksinya masing masing,” imbuhnya.

Arief juga mengucapkan terima kasih kepada pihak BPK atas Audit yang dilakukan. "Selama ini kita masih menunggu hasil penghitungan dari BPK, dan sesuai perkiraan hasil audit beres setelah lebaran. Dan kita tepati janji seminggu setelah lebaran kita tetapkan tersangkanya, dan langsung dilakukan penahanan dan dititip ke Lapas Curup,” tambahnya. Lebih lanjut ia mengatakan, dalam perkara ini masih berpeluang terjadi penambahan tersangka. "Itu akan kita lihat dulu fakta persidangan,” tandasnya.

Pantauan wartawan, AM keluar lebih dulu dari ruang pemeriksaan menuju mobil tahanan dengan menggunakan pakaian batik. AM masih tersenyum dan berjabat tangan dengan para awak media sembari berkata "Inilah resiko jabatan". Lalu kemudian diikuti WW yang juga mengenakan baju batik warna coklat menuju mobil tahanan tanpa berkata apa apa. Sedangkan RJ terakhir keluar pemeriksaan sambil menutup muka dengan selembar kerta wana putih. (ton)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Dugaan Korupsi di Setwan Kepahiang,Tiga Serangkai Jadi Tersangka Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai