Thursday, 13 July 2017

BPJS Gelar Pemeriksaan IVA Gratis di 9 Puskesmas

KEPALA BPJS RL bersama dengan Ketua TP PKK RL, Perwakilan Dinkes RL dan para pejabat di lingkungan BPJS KC Curup. Foto : Beni Ardiansyah, Radar Pat Petulai

CURUP RPP – Dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat serta menunjukkan kepedulian kepada kaum wanita, BPJS Kesehatan Cabang Curup menggelar kegiatan pemeriksaan IVA gratis. Kegiatan dalam rangka Rangka HUT BPJS Kesehatan ke-49 dan acara Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks ini dilaksanakan di 9 puskesmas, dimana pembukaan secara seremonial digelar di ruang Pola Sekkab RL.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Syafrudin Imam Negara, S.Si mengungkapkan 9 puskesmas yang akan menjadi lokasi pemeriksaan IVA gratis adalah Puskesmas Curup, Puskesmas Tunas Harapan, Puskesmas Sambirejo, Puskemas Simpang Nangka, Puskesmas Watas Marga, Puskesmas Kampung Delima, Puskesmas Prumnas, Puskesmas Talang Rimbo Lama dan Puskesmas Bermani Ulu. "Pemeriksaan IVA gratis ini dilaksanakan mulai besok (hari ini) hingga 31 Juli mendatang," ungkap Syafrudin saat memberikan sambutannya di acara tersebut.
Lanjut Imam, pelaksanaan pemeriksaan IVA ini memang sangat perlu dilakukan bagi kaum wanita. Karena dari data yang ada atau pemeriksaan yang dilakukan ditahun 2017 ada sebanyak 7 wanita yang positif terkena penyakit tersebut dari total pemeriksaan sebanyak 300 peserta ditahun ini. "Jadi bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan IVA gratis untuk mendatangi 9 Puskesmas tersebut dengan syarat mereka merupakan peserta JKN-KIS dari BPJS Kesehatan yang ditunjukkan dengan bukti kartu JKN-KIS yang masih aktif." kata Imam
Pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui pemeriksaan IVA ini, merupakan suatu upaya untuk menekan penderita kanker serviks pada peserta JKN-KIS. Maka dari itu pihak BPJS kesehatan menyediakan pelayanan pemeriksaan IVa sebagai pendeteksi dini secara gratis untuk penyakit kanker seviks ini.
Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Fitri Hertikasari Hijazi, SE dalam sambutannya menyambut baik apa yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Kabupaten RL tersebut. Dalam kesempatan tersebut, ia berharap jangan sampai kaum wanita di RL menderita kanker serviks apalagi sampai menyebabkan meninggal dunia.
"Kita harap pemeriksaan ini antisipasi jangan sampai terkena, namun bagi yang sudah terkena jangan sampai parah atau bahkan menyebabkan kematian dan bagi yang sudah positif yang disebutkan tersebut agar bisa ditangani dengan baik,” harapnya. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: BPJS Gelar Pemeriksaan IVA Gratis di 9 Puskesmas Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai