Friday, 23 June 2017

Sindikat Pungli TPR Terbongkar

TERBONGKAR: Dua pelaku pungli dan barang bukti uang serta karcis diduga palsu yang berhasil diamankan polisi.
CURUP RPP – Jajaran Polsek Curup berhasil membongkar sindikat pungutan liar (pungli) yang beraksi di TPR kebersihan Desa Karang Jaya Selupu Rejang. Dalam kasus ini, polisi berhasil mengamankan dua pelaku berinisial Sd (18) dan Ry (22) yang berperan sebagai petugas lapangan, uang senilai Rp 40 ribu dan karcis yang diduga palsu.
Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH, SIK melalui Paur Humas Ipda Ahmad Gunawan, SH mengungkapkan terbongkarnya kasus ini berawal dari laporan masyarakat yang resah dengan maraknya aksi pungli di TPR Desa Karang Jaya. Menindaklanjuti laporan tersebut, Rabu (21/6) sekira pukul 19.30 WIB, Kapolsek Curup Iptu Sukardi bersama Kanit Reskrim Ipda M. Zuhdi dan jajaran langsung menuju lokasi dan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Ternyata informasi tersebut benar adanya.
Terlihat dua pelaku yakni Sd dan Ry tengah memungut uang retribusi kebersihan kepada setiap kendaraan angkutan barang yang melintas. Tak menunggu lama, polisi langsung melakukan penangkapan. "Kedua tersangka diamankan berikut barang bukti uang senilai Rp 40 ribu dan karcis berwarna hijau yang diduga palsu sebanyak 50 lembar yang belum terpotong dan 6 lembar yang sudah terpotong dan diambil sopir mobil angkutan barang," ujarnya.
Gunawan mengungkapkan dari hasil pemeriksaan diketahui kepada setiap mobil angkutan barang, kedua pelaku memungut uang sebesar Rp 3 ribu. Untuk lebih meyakinkan digunakanlah karcis warna hijau. Karcis yang digunakan pelaku ini diduga karcis palsu sebab karcis asli yang dikeluarkan oleh Dispenda Rejang Lebong disimpan oleh seseorang berinisial SMD. Setiap hari, pelaku wajib memberi setoran kepada oknum yang menyuruh mereka.
“Jika bertugas mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setorannya sebesar Rp 285 ribu. Sedangkan jika mulai dari pukul 17.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB uang setoran Rp 115 ribu. Kedua tersangka wajib menyetor kepada pesuruhnya," tutup Gunawan. (wsa) 

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Sindikat Pungli TPR Terbongkar Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai