Tuesday, 20 June 2017

Sidak Pasar, Petugas Temukan Cacing Hati

WASPADA Dokter Hewan ini menunjukkan cacing hati yang ditemukan di pasar RL.  Foto : Beni Ardiansyah, Radar Pat Petulai
CURUP RPP - Petugas gabungan dari Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) RL, Polres RL dan Satpol PP, Selasa (20/6) menggelar pemeriksaan terhadap kondisi daging sapi dan daging ayam yang dijual di pasar. Hasilnya masih banyak ditemukan cacing pada hati sapi yang dijual pedagang.
Kepala Distankan RL, Akhmad Rifai, SP yang memimpin langsung pemeriksaan mengungkapkan kondisi ini ditemukan saat pihaknya melakukan pemeriksaan ke penjual daging di Pasar De yang ada di Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup dan Pasar Atas Curup.
Sementara di Pasar Bang Mego Kecamatan Curup tidak ditemukan. Hanya saja petugas menemukan ada seorang pedagang yang menjual daging sapi digabung dengan dagangan lainnya seperti ikan asin, telur dan lainnya. Petugas menyarankan kepada pedagang untuk tidak menggabung jualannya, karena menurut petugas daging sapi maupun jeroannya bersifat sensitif sehingga harus dijual secara khusus dan tidak digabungkan dengan jualan lainnya.
Rifai mengatakan cacing hati memang tidak membayakan saat dikonsumsi. Menurut dia, yang membahayakan bagi tubuh manusia adalah larva cacing yang biasanya ada di lokasi cacing tersebut ditemukan. Karena larva cacing tidak akan hilang meskipun dicuci maupun dimasak. "Kalau larva tersebut masuk ke dalam tubuh kita, ia bisa berkembang dan menggerogoti bagian hati kita. Oleh karena itu cacing dan bagian disekitar tempat ditemukan cacing tersebut harus dibuang jangan dikonsumsi," tegas Rifai.
Untuk itu, kepada masyarakat atau konsumen untuk memperhatikan sebelum membeli apalagi saat membeli jaroan, jangan sampai dibeli atau tidak memasak bagian yang terkena cacing sebab bisa berbahaya. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Sidak Pasar, Petugas Temukan Cacing Hati Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai