Friday, 30 June 2017

Selama Lebaran, Volume Sampah 200 Ton Per Hari

MENUMPUK: Para petugas bongkar muat sampah tengah menaikan sampah di Jalan S Sukowati, Curup.
CURUP RPP – Selama Idul Fitri 1438 hijriyah, volume sampah di Kabupaten Rejang Lebong (RL) meningkat tajam. Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) RL, Ir H Amran, jika di hari biasa volume sampah sebanyak 70 sampai 90 ton per hari, selama Idul Fitri ini, dalam sehari volume sampah bisa mencapai 200 ton per hari.

"Luar biasa peningkatan volume sampahnya, hampir tiga kali lipat jika dibandingkan hari biasa. Kasihan para petugas yang membersiihkannya, tapi itu sudah menjadi tugas mereka. Mereka juga mendapatkan tambahan honor lembur, meskipun tidak banyak tapi bisa untuk menambah penghasilan mereka sebagai kerja ekstra yang mereka lakukan," ungkap Amran.

Banyaknya volume sampah itu menurutnya menimbulkan permasalahan baru. Karena saat ini DLH RL hanya memiliki 8 unit dump truk saja, sehingga kewalahan untuk mengangkut ratusan ton sampah per hari tersebut. Oleh karena itu, mereka mengoperasikan 2 unit L300 untuk mengangkut sampah yang berserakan.

Rencananya, tahun 2018 nanti mereka akan mengusulkan pengadaan truk sampah, jika belum diakomodir juga maka sebagai solusinya di hari raya 1439 Hijriyah nanti DLH akan menyewa dump truk milik masyarakat. Supaya sampah yang sudah berada di bak sampah tidak penuh dan berserakan karena diserak oleh anjing liar.
"Ke depan honornya juga akan kita usulkan untuk naik, karena mereka memiliki jam kerja yang cukup panjang dari pagi sampai malam hari. Sekarang honor mereka per bulan untuk tukang sapu Rp 750 ribu per bulan, driver Rp 1,1 juta per bulan, petugas bongkar muat Rp 900 ribu per bulan. Tentu belum layak, nanti kita upayakan naik dan kinerja mereka kita tingkatkan lagi," janji Amran saat dihubungi melalui ponselnya kemarin. (yon)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Selama Lebaran, Volume Sampah 200 Ton Per Hari Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai