Tuesday, 20 June 2017

Puncak Arus Mudik Diprediksi Jumat, Tarif Bus Naik Drastis

RAMAI. Terminal Simpang Nangka mulai dipadati pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya untuk merayakan lebaran. Foto : Buyono, Radar Pat Petulai


CURUP RPP - Hingga Selasa (20/6) atau H-4 lebaran kemarin, puncak arus mudik di Terminal Simpang Nangka Kelurahan Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang sudah mulai terlihat. Namun, menurut Sakut, seorang pengelola loket bus di terminal tersebut, puncak arus mudik diprediksi baru akan terjadi pada Jumat (23/6) mendatang, berbarengan dengan libur pegawai.
Meski demikian, lonjakan penumpang sekitar 60 persen dibandingkan hari biasa sudah terjadi sejak seminggu terakhir. Mayoritas pemudik yang berangkat dari terminal ini menurutnya bertujuan mudik ke Solo, Jawa Tengah dan Padang, Sumatera Barat. "Sudah mulai ada lonjakan penumpangnya, cuma belum terlalu signifikan, kemungkinan Jumat nanti merupakan puncak arus mudik di terminal ini," ungkap Sakut.
Sedangkan untuk kenaikan tarif sudah ada kenaikan sejak H-7 lalu. Tarif bus eksekutif jurusan Bengkulu - Solo biasanya Rp 480 ribu per orang, kini dibanderol Rp 625 ribu per orang. Sedangkan untuk kelas ekonomi jika biasanya Rp 400 ribu sekarang Rp 525 ribu. Sedangkan untuk jurusan Bengkulu - Padang, jika di hari biasa Rp 200 ribu, kini naik menjadi Rp 250 ribu per orang.
"Kenaikan ini karena ada tuslah, dan animo masyarakat memang masih sangat tinggi. Selama arus mudik ini saja kita kirimkan 2 sampai 3 bus untuk setiap tujuan mudik, seperti Padang, Bukittinggi dan Solo," pungkasnya
Sementara itu, disamping melakukan pemeriksaan kondisi fisik kendaraan, Dirjen Perhubungan Darat, Kementrian Perhubungan melalui UPT Terminal Type A Simpang Nangka juga menjalin kerjasama dengan Dinkes RL untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada para awak bus dan penumpangnya, termasuk kepada masyarakat sekitar.
"Silahkan cek kesehatannya disini sebelum atau setelah melakukan perjalanan jauh, sehingga kondisi badan dipastikan selalu fit. Layanan yang kita berikan hanya selama hari ini saja ini tidak di pungut biaya alias gratis," ujar koordinator terminal Type A Simpang Nangka, Arrozi, S.Sos. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Puncak Arus Mudik Diprediksi Jumat, Tarif Bus Naik Drastis Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai