Friday, 30 June 2017

Pembuang Bayi di Sambirejo Tertangkap, Melahirkan Sendiri di Belakang Rumah

ILUSTRASI
CURUP RPP – Kerja keras yang dilakukan jajaran Polsek Curup dalam mengungkap pelaku pembuang bayi di bawah pohon nangka di Dusun 6 Desa Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang akhirnya membuahkan hasil. Pelakunya ternyata ibu kandung bayi itu sendiri. Ia berinisial Fi (17) warga Kecamatan Selupu Rejang.

(BACA: Astaghfirullah, Bayi Ini Dibuang Hingga Dikerubuti Semut)

Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK melalui Kasat Reskrim AKP Chusnul Qomar, SH, SIK melalui Kanit PPA, Ipda Deni Fita Mochtar mengatakan pelaku diamankan Rabu (28/6) sekira pukul 21.00 WIB.

Hasil pemeriksaan, pelaku mengaku sebelumnya menjalin hubungan asmara dengan Iw (21) warga Kecamatan Selupu Rejang. Akibat termakan bujuk rayu, akhirnya hubungan mereka berlanjut ke hubungan terlarang. Setelah beberapa kali melakukan hubungan layaknya suami istri, Fi akhirnya hamil.

Tak mau aib ini terbongkar, Fi berupaya sekuat tenaga menyembunyikannya kehamilannya dari orang-orang, termasuk kedua orang tuanya. Hingga Senin (19/6) sekira pukul 01.15 WIB datang waktunya melahirkan. Diam-diam Fi pergi ke belakang rumah dan melakukan proses persalinan sendirian tanpa dibantu satu orang pun. Setelah berhasil melahirkan bayinya, Fi panik dan bingung.
Khawatir diketahui keluarganya, dengan sisa-sisa tenaga yang dimiliki, Fi kemudian membuang bayi tersebut di Desa Sambirejo. "Ini menjadi pelajaran bagi anak-anak muda dan remaja untuk berhati-hati dalam pergaulan sebab jika salah langkah bisa fatal akibatnya," pesan Deni.

Seperti diberitakan sebelumnya, Senin (19/6) sekira pukul 03.00 WIB dini hari warga Desa Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang dihebohkan dengan penemuan bayi laki-laki. Baru yang baru lahir itu dibuang di bawah pohon Nangka tepat di depan Mushola Al-Ikhlas Dusun 6 desa setempat.
Saat ditemukan, kondisinya sangat memprihatinkan. Tubuhnya masih berlumuran darah tanpa ditutupi sehelai benang pun dan dikerubungi semut. Namun demikian kondisinya dalam keadaan hidup.

Juana (35), warga yang pertama kali menemukan mengaku awalnya tersontak bangun ketika mendengar suara tangisan bayi. Awalnya terdengar seperti suara kucing. Namun karena penasaran, ia memberanikan diri keluar rumah untuk memastikan sumber suara. Setelah dekat, ia kaget bukan kepalang saat melihat sesosok bayi tergeletak tanpa busana tepat di pinggir jalan di bawah pohon nangka. Ia kemudian berteriak memanggil suaminya.

Teriakan Juana membuat warga sekitar terbangun. Mengetahui ada bayi dibuang, warga langsung keluar untuk melihat langsung ke lokasi. Sementara Juana langsung mengambil kain sarung dan mengangkat bayi tersebut dari tempat semula. Ternyata bayi tersebut sudah dikerubung semut merah, sebab tali pusarnya belum dipotong dan masih ada bekas darah. Ia kemudian membawa bayi tersebut ke rumah orang tuanya yang ada di sebelah. "Memang sekitar 30 menit lalu, ada suara motor berhenti di depan mushola, kuat dugaan orang itulah yang membuang bayi malang ini," ungkapnya.

Juana mengaku dirinya tidak berani membersihkan tubuh bayi tersebut. Karena itu bayi dibawa ke bidan Linda Fitrianti, A.Md dan sementara dititip di sana. Hasil pemeriksaan Bidan Linda, kondisi bayi laki-laki dengan berat 3 Kg dan panjang 46 cm tersebut dalam keadaan sehat. Tali pusar bayi malang itu saat ditemukan belum dipotong sehingga dikerubungi semut merah lantaran masih berdarah. (wsa)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

4 komentar:

vj ben said... 16 July 2017 at 09:08

Semoga menjadi pelajaran untuk kiTa bro ...

vj ben said... 16 July 2017 at 09:09

Semoga menjadi pelajaran kita bro ..

Item Reviewed: Pembuang Bayi di Sambirejo Tertangkap, Melahirkan Sendiri di Belakang Rumah Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai