Wednesday, 21 June 2017

Mie Samyang Dibiarkan Beredar

Disperindag saat melakukan sidak mie samyang.
CURUP RPP - Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Rejang Lebong (RL), Selasa (20/6) langsung turun ke lapangan guna memastikan masih ada atau tidaknya mie samyang yang beredar di pasaran. Pasca adanya surat perintah penarikan dari BPOM lantaran mie asal korea tersebut mengandung babi.

Dari beberapa titik yang didatangi, petugas hanya menemukan satu tempat yang masih menjual mie samyang, yakni di Alfamart Merdeka. Ada beberapa bungkus yang berhasil ditemui oleh tim yang melakukan inspeksi ini. Sayangnya, petugas hanya memberikan peringatan agar mie-mie tersebut tidak dijual lagi dan tidak dilakukan penarikan barang bukti. Di Alfamart ini petugas juga menemukan permen tanpa logo halal, ber merek Mallow, meskipun ada nomor BPOM.
"Mie itu memiliki tanda terdaftar dari BPOM, tapi tidak ada logo halal. Karena yang mengeluarkan izin itu BPOM maka yang berwenang untuk menariknya juga BPOM. Jadi kesimpulannya tadi hanya kita berikan peringatan saja agar tidak dijual lagi. Kita juga akan melaporkan hasil ini ke BPOM Bengkulu supaya ditindaklanjuti," ungkap Kepala Dinas Perdagangan RL, Sabirin Saleh, SE.

Sementara itu dibeberapa minimarket lainnya termasuk Indomaret dan outlet Alafamart lainnya tidak lagi ditemukan mie ini. Bahkan yang sehari sebelumnya menjual mie samyang ini, yakni Minimarket Hosana juga sudah tidak ditemukan lagi. Diduga setelah diberitakan oleh RPP, mereka kemudian menyimpannya dan tidak lagi memajangnya di rak dagangannya.
"Dulu kami memang jual, tapi setelah ada informasi bahwa ada kandungan babi didalamnya kemudian bos kami dari Palembang melakukan penarikan dan dikembalikan lagi ke Palembang. Jadi sudah hampir satu bulan kami tidak menjualnya lagi," kata Sundari, karyawan Alfamart Air Rambai.

Selanjutnya, tim terpadu yang juga melibatkan Dinas Pertanian dan Perikanan RL itu mendatangi Pasar De. Disini mereka melihat kondisi ikan yang dijual oleh para penjual. Inspeksi ini dilakukan guna memastikan kondisi ikan segar dan layak konsumsi. "Setelah kita cek disini, semuanya layak untuk dikonsumsi dan tidak ada masalah," kata Kabid Perikanan, Aryanto. (yon)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Mie Samyang Dibiarkan Beredar Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai