Tuesday, 20 June 2017

Astaghfirullah, Bayi Ini Dibuang Hingga Dikerubuti Semut

KASIHAN. Inilah kondisi bayi yang dibuang di bawah batang nangka dan ditemukan dalam kondisi masih berlumuran darah dan dikerubuti semut. Foto : Bambang Radar Pat Petulai
SELUPU REJANG RPP - Warga Desa Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang Senin (19/6) sekira pukul 03.00 WIB dini hari dihebohkan dengan penemuan bayi laki-laki. Baru yang baru lahir itu sengaja dibuang orang tuanya di bawah pohon Nangka tepat di depan Mushola Al-Ikhlas Dusun 6 desa setempat.
Saat ditemukan, kondisi bayi laki-laki ini sangat memprihatinkan. Tubuhnya masih berlumuran darah tanpa ditutupi sehelai benang pun dan dikerubungi semut. Namun demikian kondisinya dalam keadaan hidup.
Juana (35), warga yang pertama kali menemukan mengaku awalnya tersontak bangun ketika mendengar suara tangisan bayi. Awalnya terdengar seperti suara kucing. Namun karena penasaran, ia memberanikan diri keluar rumah untuk memastikan sumber suara. Setelah dekat, ia kaget bukan kepalang saat melihat sesosok bayi tergeletak tanpa busana tepat di pinggir jalan di bawah pohon nangka. Ia kemudian berteriak memanggil suaminya.
Teriakan Juana membuat warga sekitar terbangun. Mengetahui ada bayi dibuang, warga langsung keluar untuk melihat langsung ke lokasi. Sementara Juana langsung mengambil kain sarung dan mengangkat bayi tersebut dari tempat semula. Ternyata bayi tersebut sudah dikerubung semut merah, sebab tali pusarnya belum dipotong dan masih ada bekas darah. Ia kemudian membawa bayi tersebut ke rumah orang tuanya yang ada di sebelah. "Memang sekitar 30 menit lalu, ada suara motor berhenti di depan mushola, kuat dugaan orang itulah yang membuang bayi malang ini," ungkapnya. Juana mengaku dirinya tidak berani membersihkan tubuh bayi tersebut. Karena itu bayu dibawa ke bidan Linda Fitrianti, A.Md dan sementara dititip di sana.
Sementara Bidan Linda Fitrianti, A.Md ketika disambangi dirumahnya mengungkapkan kondisi bayi laki-laki dengan berat 3 Kg dan panjang 46 cm tersebut dalam keadaan sehat. Diakuinya tali pusar bayi malang itu saat ditemukan belum dipotong dan dikerubungi semut merah lantaran masih berdarah. Namun saat ini kondisinya sudah bersih sebab sudah dimandikan dan daun-daun kering yang menempel ditubuhnya sudah dibersihkan. "Untuk sementara saya sendiri yang merawatnya hingga ada orang yang mengadopsinya," ujar Linda.
Ratnawati, istri Kades Sambirejo mengungkapkan sudah banyak warga yang hendak mengadopsi bayi laki-laki itu. Sejauh ini pihaknya baru mendata nama-namanya dan menunggu keputusan dari pemerintah serta kepolisian. "Saya dan warga termasuk bu bidan tak berani memutuskan sebab minta petunjuk dulu dari pihak kepolisian dan pihak terkait lainnya," ujar Ratnawati.
Sementara itu, Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK melalui Kapolsek Curup Iptu Sukardi melalui Kanit Reskrim Ipda M. Zuhdi ketika disambangi di mapolsek mengungkapkan pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut guna mengungkap siapa pelaku yang telah tega membuang darah daging sendiri ini. "Kita sudah sisiri lokasi guna mencari bukti tambahan. Kuat dugaan pelakunya bukan warga Desa Sambirejo. Tampaknya pelaku sengaja membuang bayinya ditengah pemukiman warga dan berharap ada yang mengurusnya. Hal itu terlihat dari upaya pelaku membuang bayi di depan mushola," singkat M. Zuhdi.
Kanit PPA Ipda Deni Fita Mochtar ditemui di rumah Bidan Linda mengungkapkan ika dirinya baik secara pribadi maupun lembaga mengutuk keras pelaku pembuangan bayi ini. "Silahkan saja bagi warga yang ingin mengadopsinya, asalkan baik secara materi mampu dan juga sayang kepada anak ini. Untuk pengurusannya harus melapor ke Polsek dan pihak terkait lainnya terlebih dahulu," ujarnya. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Astaghfirullah, Bayi Ini Dibuang Hingga Dikerubuti Semut Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai