Friday, 30 June 2017

4 Tsk Pembunuhan Dibekuk di Manna, Tiga Lagi Masih Buron

JUMPA PERS: Kapolres memimpin langusng ekspose hasil penangkapan para pelaku pembunuhan.
CURUP RPP – Lima dari delapan pelaku pembunuhan terhadap Dio Hikmah Tanzani (18) warga Kelurahan Talang Rimbo Baru Kecamatan Curup Tengah berhasil dibekuk. Mereka yakni Re (23) warga Desa Tasik Malaya, Mi (19) warga Kelurahan Tempel Rejo, As (25) warga Kelurahan Tempel Rejo, Yo (32) warga Desa Tasik Malaya. Mereka dibekuk Rabu (28/6) sekira pukul 17.30 WIB di Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Sementara satu pelaku lagi dibekuk dikediamannya di Curup. Dari para pelaku berhasil diamankan tiga unit sepeda motor dan sebilah senjata tajam.

Kapolres RL AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK dalam press releasenya kemarin didampingi Waka Polres, Kabag Ops dan Kasat Reskrim mengungkapkan penyidik masih berupaya mengungkap motif pembunuhan.
"Motifnya masih didalami. Hasil pemeriksaan sementara para tersangka kesal lantaran korban mengatakan kata-kata kasar. Karena itu para pelaku yang saat itu berada di bawah pengaruh minuman keras jenis tuak mengeroyok korban. Tapi ini masih sementara, kita terus akan dalami motif sebenarnya," ujar Kapolres.

Lebih jauh disampaikan, proses penangkapan berawal dari terungkapnya identitas salah satu pelaku. Setelah satu pelaku berhasil ditangkap, dilakukan pengembangan hingga didapat identitas pelaku lainnya.

Mengetahui salah satu rekannya tertangkap, para pelaku lainnya berupaya kabur keluar kota. Pelaku kemudian bersembunyi di wilayah Kepahiang, setelah itu melanjutkan perjalanannya ke Pasmah, lalu kabur ke kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.

Upaya pengejaran yang dilakukan polisi membuahkan hasil setelah rumah tempat persembunyian para pelaku di Manna terendus. Dengan dibackup buser Polres Bengkulu Selatan, dilakukan penggerebekan. Sayangnya para pelaku sudah keburu meninggalkan rumah. Penyisiran kembali dilakukan. Keempat pelaku baru berhasil ditangkap pada penggerebekan kedua di rumah yang lain saat sedang beristirahat. "Kita masih memburu 3 pelaku lain yang diduga sudah kabur ke luar kota," tandas Kapolres.

Seperti diketahui, aksi pembunuhan terhadap korban terjadi di kawasan Danau Talang Kering Desa Pahlawan Kecamatan Curup Utara, Senin (26/6) sekira pukul 00.30 WIB. Saaat itu korban bersama Roni temannya sedang nongkrong di lokasi danau. Tiba-tiba delapan orang pelaku mengendarai sepeda motor melintas.

Begitu melihat korban dan temannya ada di Talang Kering, para pelaku balik arah dan menghampiri korban. Disanalah terjadi percekcokan hingga terjadi aksi pengeroyokan. Salah seorang pelaku menghujamkan sebilah pisau ke perut korban hingga usus korban terburai. Sedangkan pelaku lain melakukan pemukulan.

Melihat korban sudah bersimbah darah, kawanan pelaku kabur. Warga kemudian membawa korban ke IGD RSUD Curup guna mendapat perawatan medis. Setelah menjalani perawatan korban akhirnya meninggal pada Selasa (27/6) sekira pukul 16.00 WIB.

Kapolres menambahkan tindak kriminalitas di Rejang Lebong menduduki peringkat kedua setelah kota Bengkulu. Kebanyakan dari pelaku melakukan aksinya dibawah pengaruh narkoba dan minuman beralkohol seperti tuak. Untuk itu, pihaknya berharap agar Pemda dan DPRD membuat perda miras terutama minuman tradisional seperti tuak, sehingga penindakan bisa berjalan optimal.
"Mulai detik ini, saya tekankan kepada geng-geng motor yang kumpul larut malam akan ditindak tegas jika kedapatan pesta tuak dan nongkrong-nongkrong larut malam. Hal ini kami lakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang dialami Dio," tutup Kapolres. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: 4 Tsk Pembunuhan Dibekuk di Manna, Tiga Lagi Masih Buron Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai