Thursday, 4 May 2017

WOW..! Tanaman Aren Bisa Hasilkan Uang Miliaran

SALAH satu komoditi andalan di Kabupaten Rejang Lebong (RL), yakni tanaman aren. Berdasarkan analisa Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong (RL), melalui Bidang Perkebunan dalam setahun per 1 Hektarnya bisa menghasilkan uang hingga Rp 1 miliar. Hal ini diungkapkan Kepala Distankan RL, Ahmad Rifai SP, melalui Kabid Perkebunan Suherman SP M.Si.
"Tentunya komoditi aren ini sangat menjanjikan, dibandingkan tanaman kopi," kata Suherman.

Dia mengatakan, setiap 1 hektar lahan bisa ditanami hingga 200 batang, dengan jarak 5 x 10 Meter. Sedangkan, satu batang aren ini per harinya bisa menghasilkan 10 - 30 liter dengan kandungan air nira antara 20-25 persen. Anggap saja per harinya murni bisa menghasilkan gula merah siap jual sebanyak 320 Kilogram jika dikali harga Rp 10.000 saja, maka sudah menghasilkan Rp 3,2 juta per hari. Apabila dikali sebulan, bisa menghasilkan Rp 96 juta. Satu tahun, bisa menghasilkan uang Rp 1 miliar lebih.
"Dengan kajian tersebut, hasil aren ini jauh lebih menjanjikan dibandingka kopi, karena dalam setahun kopi hanya menghasilkan 2-3 Ton, jika dikali harga Rp 20.000 per Kilogram maka hasilnya dalam setahun hanya Rp 450 juta saja," terang Suherman.

Berdasarkan analisa tersebut, maka masyarakat bisa menghitung sendiri, komoditi mana yang lebih menjanjikan. Belum lagi jika dihitung keuntungan dari buahnya dan hasil ijuknya.
"Untuk tanaman aren ini di RL ini, sudah bisa menghasilkan dalam jangka waktu  6 - 7 tahun dan produktivitas bisa mencapai 2-5 tahun," pungkas Suherman.(ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: WOW..! Tanaman Aren Bisa Hasilkan Uang Miliaran Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai