Sunday, 7 May 2017

Warga Tangkap Pencuri Kerbau

MALING KERBAU: Tersangka saat diserahkan warga ke petugas.
CURUP TENGAH RPP - Su (27) warga Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Curup Tengah harus mendekam di balik jeruji besi. Ia kepergok warga tengah mencuri kerbau milik H. Roni (49) warga Kelurahan Talang Rimbo Lama yang dipelihara Elpan Julianto (20). Beruntung ia tidak dihajar massa, sebab setelah tertangkap Su langsung dibawa ke rumah RW selanjutnya diantar ke polres. Peristiwa terjadi Jum'at (5/5) sekira pukul 12.15 WIB.

Menurut keterangan Elpan, ia sudah 6 bulan memelihara kerbau tersebut. Setiap hari kerbang ditambang di dekat rumah, begitu pun kemarin. Namun saat akan pergi menunaikan salat Jumat, perasaannya tidak enak. Ia selalu teringat dengan kerbau yang ia tambang di samping rumah.

Karena itu, iapun berputar kembali, pulang ke rumah untuk memastikan. Betapa kagetnya ia saat melihat kerbau tidak ada lagi di tempatnya semula. Ia lalu berupaya mencari di lingkungan sekitar namun tetap tidak ditemukan. Beberapa orang warga ketika ditanya mengaku melihat seorang pria sedang menarik seekor kerbau menuju arah atas tepatnya arah Desa Air Merah.

Mendengar informasi itu, Elpan bersama warga kemudian melakukan pengejharan yang arah yang disebutkan. Setelah melakukan pengejaran selama hampir sejauh dua kilometer, akhirnya pelaku berhasil ditemukan. Setelah berhasil ditangkap, pelaku kemudian dibawa ke rumah RW setelah itu baru diserahkan ke polisi. "Aku udah curiga perasaan aku dak lemak, kepikiran terus kek kerbau saat berjalan menuju masjid, ternyata filling aku tu benar," tutur Elpan.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK melalui Paur Humas Ipda Ahmad Gunawan, SH didampingi Kasat Reskrim AKP Chusnul Qomar, SH, SIK didampingi Kanit Pidum Aiptu Alkira mengatakan pelaku sudah ditetapkan tersangka dan tengah menjalani pemeriksaan. "Kita masih dalami keterangan tersangka," singkatnya.

Sementara tersangka saat dibincangi wartawan koran ini mengaku nekad mencuri kerbau lantaran terlilit hutang Rp 30 juta di banyak tempat. Sementara penghasilannya dari menual telur dan gas keliling tak seberapa. Sebelum melakukan aksinya, tersangka mengaku sudah melakukan pengintaian selama tiga hari. Ia sengaja memarkirkan mobil pikap yang disewanya di simpang Poa, setelah itu ia berjalan kaki mengambil kerbau. Rencananya kerbau tersebut dibawanya kerumah bapaknya di Desa Air Merah, setelah itu akan dijual ke Pasar Atas. "Rencananya aku ndak jual Rp 20 juta, tapi belum sempat aku jual sudah keburu kepergok warga," sesalnya. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Warga Tangkap Pencuri Kerbau Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai