Monday, 1 May 2017

Warga Kepahiang Sudah Menikmati, RL Gigit Jari

Pendistribusian Rastra di Kecamatan Merigi oleh Bulog Sub Divre RL
CURUP RPP - Menjelang kedatangan bulan suci ramadhan 1438 Hijriyah biasanya diiringi dengan kenaikan harga kebutuhan pokok, termasuk beras. Untuk menekan pengeluaran warga miskin atau keluarga penerima manfaat (KPM), mereka mengaku sangat membutuhkan beras sejahtera (Rastra) dari pemerintah tersebut. Karena KPM bisa menghemat hingga Rp 7.150 per kilogram.

Karena saat ini harga beras premium di RL seharga Rp 8.750 per Kilogram (Kg), sedangkan harga Rastra per Kg hanya Rp 1.600. Tentu hal itu dinilai masyarakat sangat membantu untuk menekan biaya pengeluaran mereka di bulan ramadhan nanti.
"Sebentar lagi ramadhan, tapi rastra tidak kunjung dibagikan. Padahal kami sangat membutuhkan itu, harapan kami pemerintah RL bisa segera mengambil solusi agar bisa segera disalurkan. Karena kalau harga kebutuhan lain naik, sementara beli beras di pasar tentu sangat berat bagi kami," ujar Rasmi (47) warga Talang Rimbo Lama, Kecamatan Curup Tengah.

Sementara itu, ketua harian badan anggaran (Banggar) DPRD RL H Wahono, SP langsung memberikan responnya terkait kendala yang dialami oleh Pemkab RL hingga sampai saat ini rastra tersebut belum juga bisa disalurkan kepada KPM. Padahal saat ini sudah akhir April, tentu masyarakat pra sejahtera sudah terlalu lama menunggu penyalurannya. Sedangkan di daerah lain seperti Kepahiang sudah bisa disalurkan.

Politisi Partai Golkar itu mengaku siap untuk menganggarkan dana pendamping rastra tersebut di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) RL mulai tahun 2018 mendatang. Selagi penganggaran itu memang memiliki landasan dan tidak menyalahi aturan. "Kalau memang ada dasar hukumnya bisa dianggarkan di APBD, kami tentu sangat mendukung dana pendamping itu kita anggarkan di APBD," kata Wahono.

Hanya saja Wahono berharap, penyaluran beras subsidi pemerintah tersebut harus benar-benar kepada warga yang memang benar-benar berhak menerimanya. "Harapan kami dana pendamping itu kalau sudah dianggarkan di APBD tidak membebani penerima rastra lagi. Kemudian harapan kami penyalurannya memang benar-benar kepada yang berhak menerimanya jangan asal-asalan sehingga sesuai peruntukan," tandasnya.

Perdana di Kecamatan Merigi 

Lain dengan Kabupaten Kepahiang, kemarin (28/4) Beras Sejahtera (Rastra) perdana sudah disalurkan di Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang oleh Bulog Sub Divre RL. Jumlahnya 32.940 Kilogram (Kg) untuk selama 3 bulan pada 7 desa dan 1 kelurahan.

"Kepahiang memiliki 8 kecamatan dan setelah Merigi besok hari (Hari ini Red) akan disusul penyaluran di Kecamatan Bermani Ilir dan kembali menyusul kecamatan-kecamatan lainnya di kepahiang," kata Kepala Bulog Subdivre RL, Kamin Siregar, SE saat ditemuai RPP di kantor Bulog Sub Divre RL bersama Kabag Kersa Kepahiang, kemarin.

Lanjutnya, penyaluran Rastra ini merupakan permintaan dari kabupaten masing-masing, namun untuk Kabupaten RL dan Lebong hingga saat ini belum ada permintaan karena masih adanya kendala. "Dengan adanya penyaluran Rastra perdana di Kepahiang ini kita harapkan adanya motivasi dari kabupaten lain untuk ikut dalam menyelesaikan penyaluran Rastra," terang Kamin. (yon/ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Warga Kepahiang Sudah Menikmati, RL Gigit Jari Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai