Wednesday, 3 May 2017

UNBK Terganggu Soal Sering Log Out


PADA pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional (UN) tahun 2017 jenjang SMP/MTs di Kabupaten Rejang Lebong (RL), terdapat sedikit kendala, terutama pada pelaksanaan UN Berbasis Komputer (UNBK). Misalnya, pada saat ujian berlangsung, soal sering log out (keluar). Kondisi tersebut cukup mengganggu pelaksanaan ujian.

Seperti disampaikan Kepala SMP Kreatif Aisyiyah Curup, Elva Noviyanti, S.Pd, SH, M.Pd. Pada saat pelaksanaan, memang biasanya server akan log out setiap empat jam. Tetapi setelah log out, ujian bisa dilanjutkan kembali setelah siswa diberikan nomor log in yang baru dari pengawas. "Meski soalnya log out sendiri ketika di-log in, soalnya tetap akan lanjut dengan soal yang sudah mereka kerjakan, tanpa harus mengulang dari awal," ujar Elva.

Elva menjelaskan, seluruh peserta di sekolahnya yang terdata dan masuk semua pada hari pertama pelaksanaanya yakni sebanyak 63 orang siswa, sedangkan untuk komputer sudah memadai di sekolah ini sebanyak 22 komputer. Setiap sesi dalam ruangan terdapat 21 orang untuk tiga sesi pelaksanaannya. "Kita menyediakan 1 komputer cadangan sebagai persiapan kalau-kalau pada saat pelaksanaan terjadi kendala, dan siswa terpaksa harus dipindahkan ke komputer cadangan," lanjut Elva.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong (RL) T. Samuji, S.Pd melalui Kabid Pembinaan SMP Hanapi, S.Pd, MM yang pada hari pertama juga melakukan pemantauan UN baik UNBK maupun UNKP mengatakan, untuk pendistribuasian soal-soal UNKP tidak terjadi keterlambatan. Mengingat pelaksanaan menjelang siang hari yakni pukul 10.30 WIB.
Pendistribusian langsung dari lokasi penitipan yang tidak jauh dari lokasi sekolah. Seperti di wilayah Kota Padang, soal sebelumnya sudah dititipkan di Polsek Kota Padang. "Untuk soal UNKP langsung diantar pihak kepolisian ke masing-masing sekolah penyelenggara," tandasnya. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: UNBK Terganggu Soal Sering Log Out Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai