Monday, 1 May 2017

Temuan KONTRAS, Mobil Diberondong Saat Berhenti

Arif
LUBUKLINGGAU RPP - Kasus penembakan brutal yang dilakukan oknum polisi, Brigpol KE yang menyebabkan dua korban meninggal dunia yakni Surini (50) dan Indra Yani, serta lima lainnya luka-luka, terus menjadi sorotan. Hasil investigasi yang dilakukan Komisi untuk orang hilang dan korban tindak kekerasan (KONTRAS), korban ditembak oleh oknum polisi saat mobil sudah di posisi berhenti.
"Artinya, apa yang dikatakan jajaran polisi berbeda dengan kenyataan di lapangan. Kamis (27/4) lalu, saya bertemu dengan korban, maupun keluarga almarhum. Ada beberapa fakta yang saya gali disana dan berdasarkan keterangan dari korban penembakan, itu dilakukan saat mobil sudah berhenti. Selain itu, rentang waktu penembakan hanya seper sekian detik, artinya dari peringatan sampai penembakan tidak ada jeda. Ini jelas sudah menyalahi aturan," ungkap Arif, Komisioner KONTRAS, Jumat (28/4).

Tak hanya itu, Arif juga menilai polisi tidak jujur memberikan informasi kepada keluarga korban dengan mengatakan kalau keluarga mengalami kecelakaan. Justru, keluarga korban mengetahui kalau keluarga menjadi korban penembakan saat di rumah sakit.

Terlebih, dari lokasi dilakukannya razia sampai lokasi penembakan, hanya berjarak lebih dari 3 KM, tetapi penembakan dilakukan justru saat mobil sudah berhenti, tentu hal ini jadi pertanyaan.
"Upaya dilakukan polisi harusnya tidak hanya dibebankan pada pelaku, tetapi polisi harus menggali informasi lebih dalam apakah memang ada perintah untuk melakukan penembakan. Bila ada, artinya yang memberi perintah juga harus diselidiki," jelasnya.

Aksi brutal yang dilakukan oknum polisi, Brigpol KE ditegaskan Arif harus jeli dalam penggunaan pasal dan jangan hanya menggunakan pasal kelalaian, tetapi harus lebih fokus ada unsur kesengajaan atau justru memang berencana.
"Polisi jangan buru-buru kenakan pasal kelalaian, harus ada analisis dan uji, karena tidak menutup kemungkinan penembakan justru ada unsur kesengajaan. Aparat harus transparan dan akuntabel dalam pengungkapan kasus ini. Jangan hanya diawalnya saja yang cepat, tetapi selanjutnya lamban. Polisi harus serius," tegasnya. (nrf)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Temuan KONTRAS, Mobil Diberondong Saat Berhenti Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai