Friday, 5 May 2017

Ratu Putri Dayang Sriban, Gelar Baru Fitri Hijazi

RAJA DAN RATU: Bupati RL, Hijazi yang bergelar Rajo Aryo Pasak Bumei bersama Ny Fitri Hertikasari yang bergelar Ratu Putri Dayang Sriban saat kegiatan HUT Curup kemarin.
CURUP RPP - Setelah melalui proses panjang dengan upacara adat, tari-tarian hingga ritual penyembelihan dua ekor kerbau yakni kerbau hitam bertanduk putih dan kerbau putih bertanduk hitam pada Rabu (3/5). Akhirnya Kamis (4/5) Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten RL telah resmi memberikan gelar adat kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Hj Fitri Hertikasari, SE dengan gelar Ratu Putri Dayang Sriban.

Menurut Ketua BMA RL,  Herman Firnadi, S.Sos nama ini merupakan nama orang dahulu. Kepada wartawan Herman memaparkan, ratu memiliki makna sebagai orang yang dihargai dan dihormati. Kemudian putri merupakan sebuah panggilan bagi wanita, lalu dayang berati  pengayom dan sriban adalah sebuah nama.
"Pada zaman dahulu, ada tiga saudara yakni Baung Bersisik Emas, Ratu Seluang Bersisik Emas dan Ratu Putri Dayang Sriban. Baung Bersisik Emas, Ratu Seluang Bersisik Emas bertugas menjaga sepanjang aliran sungai Musi. Sedangkan Dayang Sriban sebagai pengayom masyarakat didataran tanah rejang. Harapan dengan gelar ini ibu bupati bisa melanjutkan perjuangan Ratu Putri Dayang Sriban sebagai pengayom masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK RL Hj Fitri Hertikasari Hijazi, SE atau Ratu Putri Dayang Sriban mengaku senang dengan pemberian gelar adat ini. Ia berharap dengan gelar ini bisa membuatnya lebih baik lagi dan bisa memberikan makna bagi masyarakat RL.
"Alhamdulillah mudah-mudahan dengan nama ini bisa membuat saya lebih baik lagi. Meskipun saya belum tahu artinya apa tapi nanti saya akan tanyakan langsung ke BMA. Semoga apa yang terkandung dalam makna sebuah nama gelar adat ini bisa diterapkan dalam kehidupan saya sehari-hari dalam mendampingi tugas bapak sebagai Rajo Aryo Pasak Bumi," kata Bunda Fitri. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Ratu Putri Dayang Sriban, Gelar Baru Fitri Hijazi Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai