Friday, 5 May 2017

Pakaian Adat Nusantara

UNIK: Inilah penampilan beberapa peserta pawai adat dalam pembukaan HUT Curup kemarin yang cukup menarik perhatian.

Dihadiri Pangdam II Sriwijaya


CURUP RPP
- Pembukaan perayaan hari jadi ke 137 Kota Curup tahun 2017 berlangsung meriah. Sekitar 4350 orang mengikuti pawai adat yang dilepas oleh Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan Beni Irawan, SE mewakili Bupati RL DR (HC) H Ahmad Hijazi, SH, M,Si Kamis (4/5) di Jalan Jend Soedirman, Air Putih Baru dan finish di Lapangan Pandawa, Batalyon Infanteri 144 Jaya Yudha.

Berbagai jenis pakaian adat nusantara dan juga pakaian adat moderen turut hadir dalam event ini, seperti pakaian adat Rejang, Batak, Palembang, Minangkabau, Jawa, Dayak, Papua, Madura dan daerah lainnya. Menariknya lagi juga ada beberapa pakaian yang didesain mencolok menyerubai burung, cabai raksasa, bunga sakura atau berbagai jenis hewan dan tumbuhan lainnya.

Setelah itu bupati melakukan pemukulan kentongan sebagai tanda dimulainya event pameran dan bazaar yang akan berlangsung hingga Sabtu (13/5) mendatang. Baru kemudian acara dilanjutkan dengan kedurei agung, prosesi pelepasan burung merpati sebagai tanda melepas marabahaya bagi masyarakat RL dan ditutup dengan makan punjung agung oleh bupati, wabup, Ketua DPRD RL bersama masyarakat RL.
"Kedurei agung ini bertujuan untuk meminta keselamatan dan keberkahan untuk seluruh masyarakat RL kepada Allah SWT. Selain itu juga sebagai cara kita untuk melestarikan adat istiadat kita. Mari kita semua mewujudkan RL kota pendidikan, pariwisata dan kota religius Banmus hari ini rapat finalisasi," ajak bupati dalam sambutannya.

Upacara pembukaan ini juga dihadiiri langsung oleh Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjend TNI Sudirman, SH, MM didampingi oleh Danrem 041 Garuda Emas Bengkulu, Kolonel Inf Andi Muhammad, Staf ahli Kapolri Irjen Pol Benny Mokalu, perwakilan Kementrian Pariwisata, Anggota DPR RI Dewi Coryati, Wabup RL H Iqbal Bastari, SPd MM, Ketua DPRD RL M, Ali, ST bersama Waka I dan II serta beberapa anggota DPRD RL lainnya, Wabup Kepahiang Herawati dan tamu undangan lainnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Pakaian Adat Nusantara Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai