Monday, 15 May 2017

Daftar BPJS, Bisa Lewat Telepon

Kepala BPJS Kesejatan Cabang Curup memarkan inovasi terbaru kepada wartawan saat konferensi pers, Senin (15/5).
CURUP RPP - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, kembali memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menjadi peserta BPJS atau menjadi peserta JKN-KIS. Yakni, masyarakat bisa langsung mendaftarkan dirinya melalui telepon, sehingga tidak perlu repot-repot lagi mendatangi Kantor BPJS Kesehatan setempat.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Curup, Rizki Lestari S.Si, Apt AAAK  mengatakan, mulai kemarin masyarakat sudah bisa mendaftarkana dirinya menjadi peserta BPJS atau JKN-KIS melalui telepon. "Dengan inovasi terbaru ini, dapat memudahkan masyarakat yang tidak memiliki waktu jika harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Pendaftaran bisa melakui care center BPJS Kesehatan di nomor 1500-400," kata Rizki saat konfrensi pers kepada wartawan, Senin (15/5).

Pada saat melakukan pendaftaran ini, syarat yang harus disiapkan yakni nomor kartu keluarga (KK), nomor KTP-elektronik, nomor handphone (Hp) dan alamat email pendaftar. Karena, nomor Hp dan email ini nanti akan digunakan untuk konfirmasi proses pendaftaran. "Selain itu, pendaftar harus memiliki buku tabungan salah satu bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Seperti, Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN. Pendaftaran via telepon ini hanya berlaku untuk peserta mandiri saja dan seluruh anggota keluarga harus masuk sebagai peserta BPJS," terang Rizki.

Selanjutnya, peserta juga harus menyiapkan kelas perawatan yang akan ia pilih, serta menentukan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang akan ia gunakan. Karena, dalam proses registrasi kedua hal tersebut akan ditanya oleh petugas care center BPJS Kesehatan.

Kemudian, calon peserta akan menerima konfirmasi virtual account (VA) baik melalui sms atau email yang telah didaftarkan peserta. Setelah menerima nomor VA, calon peserta wajib untuk membayar iuran pertama, paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah menerima nomor VA. Dalam proses pembayaran pertama ini, peserta yang mendaftar melalui telepon wajib melakukan pembayaran melalui bank dengan sistem autodebet.
"Untuk kartunya, akan dikirim ke alamat peserta dan untuk pembayaran iuran ke 2 dan seterusnya tidak perlu repot lagi, karena akan dipotong secara otomatis melalui tabungan peserta," papar Rizki.

Di samping itu, kemudahan lainnya yakni peserta juga bisa melakukan pemindahan fasilitas kesehatan pertama dan pemindahan kelas yang dimilikinya melalui care center tersebut, juga bisa melakukan mutasi data kepersertaan untuk data nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, Alamat, email, nomor telepon.(ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Daftar BPJS, Bisa Lewat Telepon Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai