Thursday, 4 May 2017

Belasan Rumah Terendam

Tampak Gedung PAUD terendam oleh air.
CURUP UTARA RPP - Hujan deras yang mengguyur sejak Selasa (2/5) sore hingga malam hari mengakibatkan sungai Air Duku meluap. Belasan rumah warga di RT 1 RW 1 Kelurahan Dusun Curup terendam setinggi pinggang orang dewasa. Air mulai naik sekira pukul 23.30 WIB dan baru berangsur surut Rabu (3/5) siang.

Pantauan wartawan, air juga merendam PAUD Restu Bunda. Akibatnya sebanyak 20 murid terpaksa diliburkan. Sumiati, pengelola PAUD Restu Bunda ditemui kemarin mengatakan dirinya belum bisa melihat kondisi di dalam PAUD sebab genangan air hingga siang kemarin masih tinggi. Selain itu ia juga masih sibuk memberesi rumahnya yang juga terendam banjir.

Namun melihat ketinggian air, ia memastikan jika seluruh bahan bacaan anak-anak terendam. Ia sendiri belum bisa memprediksi berapa hari anak-anak akan diliburkan, sebab untuk membersihkan lumpur sisa-sisa banjir akan memakan waktu cukup lama.
Warga berusaha mengatasi air agar tidak masuk ke dalam rumah.

Lebih jauh diungkapkan Sumiati, di daerah itu sedikitnya ada 10 rumah yang terendam. Diantaranya rumah Sar'ah, Asmudin, Arpendi, Mariani, Ansori, Hendra, Sahril. Air juga merusak kawasan persawah baru di Gang Famili, menjebol kolam ikan dan banyak lagi.
"Kalau saya sendiri sudah upayakan untuk meninggikan rumah, tapi tampaknya sia-sia. Setiap hujan deras, sungai Air Duku pasti meluap. Kami tak tidur semalaman, untung begitu air mulai masuk ke rumah, kami langsung mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Kami harap ada solusi dari pemerintah," tutupnya.
Sawah juga terendam akibat banjir.

Disisi lain, luapan air duku juga merendam sejumlah rumah di Desa Batu Dewa dan memporak-porandakan kawasan persawahan.  "Belum tau berapa kerugian saya, yang jelasnya tanaman padi saya baru umur satu bulan semua rusak diterjang banjir. Tanaman sayur saya juga sudah seperti kolam," keluh salah seorang warga Batu Dewa, Ngatina (60).

Hal yang sama dialami Mursini (68). Bukan hanya rumahnya yang terendam tapi tanaman padi seluas setengah hektare yang tidak lama lagi panen juga rusak. "Kini hanya menunggu air surut, dan tanaman padi yang saya garap ini milik orang, semoga tidak terlalu parah sehingga masih bisa saya memanennya," lirihnya. (wsa/mg1)  
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Belasan Rumah Terendam Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai