Friday, 5 May 2017

Banjir Masih Mengancam

Banjir yang terjadi Kamis (4/5) di Kelurahan Dusun Curup
CURUP RPP - Bahaya bencana banjir masih mengancam, terutama bagi masyarakat di pinggir Sungai Air Duku, baik di Kelurahan Dusun Curup, Talang Benih, dan Desa Batu Dewa. Bukan hanya perumahan warga, potensi banjir juga masih mengancam kawasan persawahan warga.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rejang Lebong (RL) Basuki, S,Sos. Menurutnya, masih mengancamnya banjir tersebut dikarenakan banjir yang melanda beberapa kawasan itu merupakan akibat dari meluapnya Sungai Air Duku yang mengalami pendangkalan.
"Kita sudah melakukan kaji cepat ketika ada banjir kemarin, dan hasilnya ternyata banjir itu disebabkan oleh meluapnya sungai Air Duku yang mengalami pendangkalan. Kita sudah buat laporannya dan akan kita sampaikan ke bupati. Kemudian kita akan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk melakukan pengerukan," ujar Basuki.

Mantan Camat Sindang Beliti Ilir (SBI) ini menjelaskan, untuk menanggulangi banjir ini selain dilakukan pengerukan terhadap aliran Air Duku. Di sisi kanan dan kiri sungai tersebut harus dibuat pelapis tebing sehingga tanah dari atas tanggung tidak masuk ke sungai.
"Harapan kami masyarakat tetap waspada, dan jangan membuang sampah ke sungai. Karena pendangkalan ini bisa jadi selain adanya lumpur juga banyak sampah yang dibuang warga ke sungai," pungkasnya. (yon)


  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Banjir Masih Mengancam Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai