Monday, 15 May 2017

Ada Bayangan, RL Bakal Terima CPNS, Kelulusan TKS Tinggal Diumumkan

Khirdes Lapendo Pasju
CURUP RPP – Kabar gembira bagi para pencari kerja di Rejang Lebong. Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Rejang Lebong (RL) Khirdes Lapendo Pasju, S.STP M.Si mengatakan sudah ada gambaran atau bayangan Pemkab RL bakal mendapatkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
"Kita sudah diminta mengisi e-Formasi, jumlahnya ada ratusan. Itu merupakan cikal bakal penerimaan CPNS, karena berisikan data kekurangan pegawai kita per bidang. Tapi ini baru gambaran atau bayangan untuk penerimaan CPNS-ya sudah ada. Belum tentu apakah ada penerimaan CPNS atau tidak, karena sampai sekarang pemerintah juga belum mencabut moratorium penerimaan pegawai itu," ujar Khirdes seusai mengikuti upacara bendera dalam rangka HUT Curup di Lapangan Setia Negara, Sabtu (13/5).

Putra mantan Wakil Bupati Kepahiang itu menjelaskan, RL mengalami kekurangan pegawai yang cukup banyak setelah adanya moratorium dari pemerintah tentang perekrutan CPNS. Karena setiap tahunnya ada ratusan PNS dilingkungan Pemkab RL yang memasuki masa pensiun, belum lagi ada yang mengajukan pensiun dini, mengundurkan diri dari PNS atau diberhentikan dari PNS.
"Kalau kekurangannya setiap tahun ada ratusan PNS yang pensiun, paling banyak itu di bidang pendidik atau guru. Sehingga kita banyak kekurangan di guru. Tapi mau apalagi, karena pemerintah masih memberlakukan moratorium. Kita didaerah ini hanya sebatas mengusulkan dan menunggu apa yang menjadi kebijakan dari pemerintah pusat,"  terangnya.

Sedangkan untuk memenuhi kekurangan pegawai itu, pemkab berusaha memenuhinya dengan merekrut Tenaga Kerja Sukarela (TKS) yang sudah dilaksanakan tes tertulis beberapa waktu lalu, khusus untuk tenaga teknis. Sedangkan untuk tenaga pendidik, tes baru akan dilaksanakan seusai pembahasan anggaran di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun 2017 nanti.
"Hasil tes TKS kemarin sudah selesai dirangkingkan, tinggal diumumkan saja. Setelah kesibukan HUT Curup ini selesai akan langsung kita umumkan, alhamdulillah berkat doa kita semua akhirnya tahapannya sudah selesai. Setelah itu, nanti kalau anggarannya di APBDP sudah siap kita rekrut TKS khusus guru, untuk memenuhi kekurangan guru di sekolah-sekolah, dalam rangka mendukung program pemerintah mewujudkan RL sebagai kota pendidikan," tandas Khirdes. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Ada Bayangan, RL Bakal Terima CPNS, Kelulusan TKS Tinggal Diumumkan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai