Thursday, 11 May 2017

40 Paket Proyek Selesai Lelang, Termasuk Jalan Soeprapto RL

Jalan Letjen Soprapto yang kondisinya sudah rusak parah, tahun ini bakal mulus.
BENGKULU RPP - Memasuki minggu pertama bulan Mei 2017, dari 99 paket yang masuk ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) Provinsi Bengkulu, baru 40 paket kegiatan yang sudah selesai lelang, sisanya masih dalam proses lelang, termasuk 1 paket yang gagal dilelang.

"Sampai tanggal 8 Mei, semuanya ada 99 paket proyek 1 bersumber dari APBN dan 98 dari APBD. Dengan rincian, persiapan lelang 19 paket, tayang 40 paket, yang sudah selesai 40 paket senilai Rp 257 Miliar," ujar Kepala ULP Provinsi Bengkulu Kusnadi S.Ip, Selasa (9/5).

Diterangkannya, progres lelang baru masuk 99 paket, persiapan lelang ada 19 paket, dalam proses lealng ada 40 paket dan lelang selesai 40 paket. Sedangkan jenis pengadaannya yakni barang 8 paket, konstruksi sebanyak 42 paket, konsultasi 16 paket dan jasa lainnya sebanyak 12 paket.

Dari 43 paket proyek konstruksi, 4 diantaranya ada di Kabupaten Lebong dan Rejang Lebong, yakni pembangunan jalan Atas Tebing-Muara Aman Rp 1,8 Miliar, peningkatan jalan Giri Mulya-Atas Tebing Rp 39 Miliar, ada lagi pembangunan jalan Tes - Muara Aman - Air Dingin senilai Rp 39 Miliar. Berikutnya peningkatan jalan Letjen Suprapto Kota Curup Rp 4,9 Miliar juga sudah selesai. Dan berkas sudah dikembalikan ke dinas masing-masing. Kemudian jalan Derati-Tanjung Neng sempat gagal lelang, dan sekarang baru dimulai lagi.

Sedangkan lelang yang gagal 1 paket, berupa pembangunan jalan dan jembatan Enggano senilai Rp 42 Miliar. Dinas PU mengajukan keberatan, tetapi tidak membuat alasan yang jelas. "Artinya mereka ini tidak serius. Membatalkan perusahaan yang sudah menang lelang," ujar Kusnadi.

Menurut Kusnadi, bagi OPD yang merasa keberatan dengan hasil lelang di ULP, harus ada alasan dan bukti otentik yang dapat diterima secara hukum. Agar jangan sampai menghambat proses lelang. Sebab setiap lelang tentu memakan waktu, misalnya lelang fisik di atas Rp 5 Miliar butuh waktu 3 minggu. Untuk jasa konsultasi rata-rata 3 minggu, barang dan jasa lainnya sekitar 2 minggu. "Barang dan jasa ini seperti hotel, catering, sewa pesawat seperti angkutan jamaah haji sudah selesai. Proses selanjutnya dari ULP semua berkas dikembalikam ke OPD masing-masing, jika tidak keberatan dan menyetujui hasil lelang, maka dinas harus mengeluarkan kontrak perjanjian kerjanya," pungkasnya. (rsi)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: 40 Paket Proyek Selesai Lelang, Termasuk Jalan Soeprapto RL Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai