Thursday, 11 May 2017

10 Juli, Batas Akhir Pencairan DD Tahap I


CURUP RPP – Tanggal 10 Juli merupakan batas akir pencairan dana desa (DD) tahap I tahun 2017. Lewat dari batas yang ditetapkan, maka DD tahap I tidak bisa lagi dicairkan.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten RL, Drs. Darmasyah, MM melalui Kasubid Pengolaan Keungan dan Kekayaan Desa atau Kelurahan, Bobby. H. Santana S.STP, M.Si mengatakan ketentuan ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50 Tentang Pengelolaan Traspor ke daerah dan dana desa.

Memang dalam aturan baru ini tidak dijelaskan apakah DD tahapan pertama akan hangus, namun disebutkan jika melebihi batas waktu maka DD yang bisa dicairkan hanya untuk tahapan berikutnya. "Memang dalam aturan ini tidak dirincikan dengan jelas, namun harus menjadi tolak ukur desa agar cepat mengurus syarat pencairan," kata Bobby.

Salah satu syarat besar yang diperlukan desa untuk mencairkan DD ini yakni berupa APBDes. Pencairan DD sendiri untuk tahapan awal dicairkan sebesar 60 persen kemudian pada tahapan kedua diberikan 40 persen. Masing-masing desa di RL menerima DD mulai dari Rp 700 juta hingga 800 juta. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: 10 Juli, Batas Akhir Pencairan DD Tahap I Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai