Monday, 24 April 2017

Waspada Angin Puting Beliung

Penyerahan bantuan angin puting beliung di Kelurahan Air Rambai dan Talang Rimbo Lama
CURUP RPP - Peristiwa angin puting beliung yang Kamis (20/4) kemarin melanda Kelurahan Air Rambai Kecamatan Curup dan Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah, merupakan kejadian yang kedua kalinya di tahun 2017. Sebelumnya, kejadian serupa terjadi di Desa Talang Belitar Kecamatan Sindang Dataran.

Datangnya angin puting beliung bisa ditandai dengan udara yang terasa panas hingga menyebabkan gerah. Kemudian di langit ada pertumbuhan awan putih yang membentuk gerombolan berlapis-lapis, dan ada salah satu jenis awan yang memiliki batas tepi dengan warna abu-abu yang sangat jelas.

Awan tersebut tampak menjulang tinggi, jika dilihat akan berbentuk mirip dengan bunga kol. Awan kemudian berubah warna secara tiba-tiba dari warna putih menjadi warna hitam pekat layaknya awan cumulonimbus. Ketika angin kencang akan datang, ranting pohon serta daun bergoyang tertiup angin, masyarakat harus selalu waspada terutama pada periode durasi pembentukan awan hingga fase awan punah. Hal ini biasanya berlangsung sekitar 1 jam.

Kepala Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rejang Lebong, Basuki S.Sos melalui Kabid Kedaruratan Drs Ansori didampingi Kasi logistik Andi Purwanto SKM menjelaskan, kejadian angin puting beliung memang terlebih dahulu menimbulkan ciri-cirinya. Dan ketika ciri-ciri itu telah muncul, maka kemungkinan akan terjadi angin puting beliung. "Angin puting beliung ini tidak bisa diterka, karena bisa terjadi sewaktu-waktu," kata Andi.

Untuk lokasi rawan kejadian angin puting beliung sendiri tidak bisa ditentukan. Namun berdasarkan data kejadian tahun lalu di Desa Air Bening, Bangun Jaya dan Babakan Baru Kecamatan Bermani Ulu Raya, kemudian di Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan, Desa Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang, dan di Desa Air Pikat Bermani Ulu, bahwa tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kembali.

Sementara itu, pada Jumat (21/4) kemarin, BPBD RL telah memberikan bantuan kepada 4 kepala keluarga yang rumahnya diterjang angin puting beliung di dua lokasi tersebut. Bantuan yang diberikan berupa terpal, makanan siap saji, peralatan dapur dan peralatan masak. "Selain pemberian bantuan, kita juga telah melakukan kajian cepat pada lokasi terkena bencana ini," tutup Andi. (ben)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Waspada Angin Puting Beliung Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai