Monday, 3 April 2017

Waktu Pelaksanaan UNBK dan UNKP SMK Berbeda

DISTRIBUSI SOAL: Kepala sekolah tengah mengisi berita acara  penerimaan Soal UNKP di MAN RL, Sabtu (1/4).
CURUP RPP - Senin (3/4) merupakan hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk jenjang pendidikan SMK. Pada hari pertama ujian ini mata pelajaran yang bakal diujikan yakni mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Namun ada sedikit perbedaan pada waktu pelaksanaan antara sekolah yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UBK) dengan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten RL, H. Nahdiyatul Hukmi, M.Pd melalui Sekretaris Dikbud Drs. Noprianto, MM mengatakan untuk UNBK mulai pukul 07.30 WIB sedangkan UNKP 10.30 WIB. "Kalau UNKP meskipun mulainya siang tetapi tidak ada sesi seperti UNBK yang sampai 3 sesi. UNBK ini jadwalnya dari 07.30 WIB hingga 14.00 WIB," jelasnya.

Meski berbeda waktu pelaksanaan, namun untuk pengawasan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni secara silang dalam 1 ruangan ada 2 orang pengawas. Hanya saja untuk UNBK memiliki 1 orang operator dan proktor untuk membantu pelaksanaan UNBK.

Sementara itu, soal UNKP untuk seluruh mata pelajaran sudah tiba pada H-2 atau Sabtu (1/4) lalu di MAN Rejang Lebong. Soal yang tiba mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian yang dikirim langsung dari Provinsi Bengkulu. Diungkapkan Nopri, untuk soal yang didistirbusikan bukan hanya soal jenjang SMK saja yang berjumlah 4 sekolah peneyelengara UNKP, tetapi juga ada 12 SMA penyelenggara UNKP, 3 soal paket C dan 1 SLB. Seluruh soal dititipkan di Polres RL agar mendapatkan pengawalan ketat. Untuk jumlah peserta UN jenjang SMK di Kabupaten RL terdata sebanyak sebanyak 1.044 orang. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Waktu Pelaksanaan UNBK dan UNKP SMK Berbeda Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai