Friday, 14 April 2017

Usulkan Pemerataan Guru, untuk Wilayah Lembak

NOPRIANTO
CURUP RPP - Banyaknya guru menumpuk khususnya di wilayah Kota Curup, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong (RL), mengambil langkah mengusulkan pemerataan guru. Hal ini melihat di tujuh Kecamatan di wilayah Lembak selalu mengeluhkan kekurangan guru PNS.

Menurut Kepala Dinas Dikbud RL T. Samuji, S.Pd melalui Sekretaris Dinas Dikbud RL, Drs. Noprianto, MM, pemerataan guru harus dilakukan karena sebelumnya memang sudah direncanakan tetapi belum terealisasi hingga kini. Sedangkan kebutuhan guru di wilayah tersebut sangat mendesak. Mengingat sebelumnya pada saat pelaksanaan Bimtek BOS, jumlah guru honorer lebih banyak dibandingkan guru PNS.

Di sisi lain, lanjutnya, Dinas Dikbud juga telah mendata kekurangan guru di wilayah Lembak. Sehingga jika melihat kondisi saat ini meskipun banyak guru di wilayah kota, namun jika dipindahkan sesuai jumlah yang dibutuhkan, maka di kota juga akan terjadi kekurangan guru. Maka pihaknya akan menunggu hasil seleksi Tenaga Kerja Sukarela (TKS) untuk guru yang juga telah diusulkan kepada Pemkab RL, agar bisa ditugaskan di Lembak. Saat ini diketahui sekitar 150 orang guru yang harusnya bertugas di Lembak.
"untuk kekurangan guru lebih dominan guru SD dibandingkan SMP. Misalnya di salah satu SD di Desa Warung Pojok, hanya ada satu orang PNS, yakni kepala sekolahnya. Tentu ini menjadi masalah, seperti dana BOS yang mewajibkan bendaharanya berstatus PNS. Namun dengan kondisi tersebut, terpaksa kepala sekolah merangkap menjadi bendahara sekolah," jelas Nopri.

Dalam rangka pemerataan guru, lanjutnya, untuk diingat hal ini bukan bentuk hukuman atau ada faktor negatif lain. Tetapi sebuah tugas guru yang harus siap menjalankan tugas di mana saja. "Nanti kita evaluasi dulu untuk usulan kita. Kalau bisa, guru PNS yang berdomisili di sana, bertugas di sana. Kalau tidak cukup, ya apa boleh buat guru yang di kota  akan kita tempatkan di sana," lanjutnya.

Ia juga berharap, pemerataan guru bisa mengoptimalkan pendidikan di Lembak dan tidak ada lagi keluhan pihak sekolah  mengenai kekurangan guru. Karena pemerataa dilakukan Dinas Dikbud untuk bisa memaksimalkan jumlah guru di wilayah yang mengalami kekurangan. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Usulkan Pemerataan Guru, untuk Wilayah Lembak Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai