Wednesday, 5 April 2017

UNBK, SMAN 8 RL Numpang Sekolah Lain

MONITOR: Kadis Dikbud RL saat memonitoring UNBK hari kedua di SMKN 3 RL.
CURUP RPP – Pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 10 April nanti, SMAN 8 RL terpaksa menumpang ke sekolah lain. Kepala SMAN 8 RL, Suprihaten, S.Pd mengatakan hal ini terpaksa dilakukan karena jumlah komputer yang dimiliki sekiolah tidak mencukupi bagi seluruh peserta yang berjumlah 94 orang. Sedangkan pihaknya sudah mendaftarkan ke provinsi untuk menjadi salah satu sekolah penyelenggara UNBK tahun 2017. "Ya tahun ini kita menjadi salah satu sekolah penyelenggara UNBK dan kita juga satu-satunya sekolah yang menumpang," ujar Suprihaten.

Menurut dia, SMAN 8 RL akan menumpang menggelar UNBK di SMKN 2 RL. Sebab pelaksanaan UNBK jenjang SMA dan SMK jadwalnya berbeda, sehingga pihak sekolah juga telah memberikan izin pihak sekolah untuk menumpang melaksanakan UNBK.

Meskipun demikian, pihaknya mengakui sudah mempersiapkan seluruh peserta agar bisa mengerjakan soal ujian menggunakan komputer. Karena pihak sekolah juga sudah menggelar simulasi sebelumnya dengan menggunakan jumlah komputer seadanya di sekolah.

Menurut Suprihaten, meskipun menumpang pihak sekolah mengaku optimis seluruh siswanya bisa lulus 100 persen. Serta bisa menjadi salah satu motivasi bagi seluruh siswa peserta UNBK agar bisa memberikan yang terbaik dan menyukseskan UNBK tahun 2017. "Kalau tahun depan kita upayakan ada bantuan insha Allah kita tidak akan menumpang lagi," pungkasnya.

Sekolah Harus Jujur


SEMEntara itu, hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional (UN) baik UN Berbasis Komputer (UNBK) maupun UN Kertas dan Pensil (UNKP) tingkat SMK kemarin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong (RL) H. Nahdiyatul Hukmi, M.Pd terus melakukan monitoring ke sekolah-sekolah penyelenggara UNBK.  Salah satunya ke SMKN 3 RL.

Dalam kunjungan tersebut Nahdi meminta agar seluruh sekolah yang menyelenggarakan UNBK bisa mengedepankan kejujuran. Selain melatih rasa kemandirian siswa, dia juga diminta agar merasa puas dengan hasil yang akan diraih setelah selesai ujian nanti. “Untuk apa nilai bagus-bagus tapi didapatkan dari tindakan yang tidak jujur,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris MKKS SMK Kabupaten RL, Asep Suparman, S.Pi, M.Pd mengakui pada hari kedua pelaksanaan UNBK dan UNKP SMK ini jumlah peserta yang tidak hadir atau Drop Out (DO) masih sama seperti hari pertama. Yakni sebanyak 33 orang peserta.

Jika hingga hari terakhir seluruh peserta DO tidak memberikan keterangan maka benar-benar dianggap tidak lulus. Tetapi jika memberikan keterengan maka akan diikut sertakan dalam ujian susulan UN SMK pada 18 - 19 April mendatang. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: UNBK, SMAN 8 RL Numpang Sekolah Lain Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai