Tuesday, 4 April 2017

Tunggu Pagar Jadi dan Izin Operasional

Pemidahan RSUD ke Jalur Dua

Asep Setia Budiman

CURUP RPP – Selangkah lagi, pemindahan RSUD Curup ke jalur dua bakal terealisasi. Menurut Direktur RSUD Curup, drg. Asep Setia Budiman ketika ditemui di ruang kerjanya kemarin, pemindahan tahap awal yakni bagian kebidanan dan anak ke jalur dua, tinggal menunggu pagar selesai dibangun dan izin operasional keluar.
“Kalau kita pada prinsipnya sudah siap. Namun petunjuk bapak bupati tunggu setelah pembangunan pagar selesai dan keluarnya izin operasional,” ungkapnya.

Dijelaskan Asep, pemindahan akan dilakukan bertahap. Begitu juga fasilitas pendukung lainnya. Menurut dia, RSUD Jalur Dua memiliki luas lahan 5,7 hektare sehingga bisa dilengkapi dengan berbagai fasilitas layaknya rumah sakit bertaraf nasional. Rencananya rumah sakit ini akan berstatus RSUD rujukan regional untuk Kabupaten Kepahiang dan Lebong bertype B.

"Beberapa keunggulan RSUD Curup di Jalur Dua jika dibandingkan dengan RSUD Curup sekarang antara lain lahannya lebih luas, tidak bising karena jauh dari pemukiman penduduk, IPALnya bisa lebih jauh dan penyerapannya maksimal karena tidak dekat pemukiman serta fasilitas gedung tentu akan lebih baik. Karena pemerintah bisa memiliki perencanaan yang lebih matang dan kesiapan dana yang lebih besar," jelas Asep.

Dengan bakal menjadi RSUD rujukan regional bertype B, sudah pasti RSUD ini juga bakal didukung oleh sarana dan prasarana dari Kementerian Kesehatan. Termasuk nantinya untuk penambahan tenaga kesehatannya, seperti dokter spesialis. RSUD yang rencananya untuk ruang pelayanan bakal dibangun 4 lantai ini juga bakal dilengkapi dengan fasilitas gedung rumah singgah bagi keluarga pasien, sehingga akan lebih memudahkan saat harus rawat inap.

Kemudian dibangun kantin permanen, perumahan dokter dan perawat, klinik, basement dan beberapa sarana pendukung lainnya. "Surat izin pemanfaatan dari PU sudah ada tapi pemindahannya menunggu instruksi bupati. Kita pindahannya secara bertahap, tahap awal ini untuk perawatan anak dan Kebidanan. Kemudian IGD kebidanan dan anak, Poli anak dan poli kebidanan. Nanti yang lain menyusul seiring dengan proses penambahan gedungnya," tandasnya. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Tunggu Pagar Jadi dan Izin Operasional Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai