Friday, 7 April 2017

Terlalu Besar, Koperasi Takut Pinjam Dana LPDB


CURUP RPP - Dana bantuan dari Kementerian Koperasi UMKM melalui Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) tampaknya kurang diminati oleh koperasi yang ada di Rejang Lebong. Buktinya, dari 158 koperasi yang aktif, hanya ada 2 koperasi yang memanfaatkan bantuan ini yakni Koperasi Sehati dan Koperasi Rizky.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi UKM Perindustrian Kabupaten RL, Sabirin Saleh melalui Kabid Koperasi dan UKM, Uswandi, SE mengatakan bantuan dari LBDB ini cukup besar. Peminjaman bantuan modal melalui lembaga ini minimal Rp 500 juta, tidak bisa kurang dari angka itu. "Banyak koperasi yang takut meminjam dana bantuan modal ini, padahal jika mampu mengolah dana ini maka bisa berdampak besar bagi koperasi," kata Uswandi.

Dijelaskan, peminjaman bantuan modal bergulir dari LBDB ini merupakan bantuan kredit lunak yang bunganya kecil dibandingkan peminjaman modal di tempat lain. Hingga saat ini masih ada satu koperasi yakni Koperasi Agribisnis yang mengusulkan untuk mendapatkan bantuan pinjaman modal dari LBDB, namun hingga saat ini belum ada kejelasan kelanjutannya. Padahal dalam pengurusan baik berkas dan pengiriman proposal dibantu pihak dinas. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Terlalu Besar, Koperasi Takut Pinjam Dana LPDB Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai