Friday, 7 April 2017

Telusuri Indikasi BBM Oplosan

Ilustrasi
TUBEI RPP - Untuk mengantisipasi adanya indikasi peredaran Bahan Bakar Minyak (BBM) oplosan yang beredar di wilayah Kabupaten Lebong, Dinas perindustrian dan Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Lebong telah menerima surat dari Sekda Lebong, agar segera turun melakukan pengecekan, sekaligus pendataan sejumlah pertamini.

Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Lebong, Drs M Ghozali melalui Kabid Perdagangan, Koperasi dan UKM, Azhar SH mengungkapkan, mengaku pihaknya telah menerima surat dari Sekda untuk degera melakukan penelusuran ke sejumlah pertamini yang ada di Kabupaten Lebong. Hal ini berkaitan dengan upaya pemerintah dalam meminimalisir atau menghindari indikasi peredaran BBM oplosan yang dapat merugikan masyarakat.
"Kita sudah terima surat dari Sekda Lebong, untuk turun melakukan pengecekan keberadaan sejumlah Pertamini yang ada di Lebong ini. Jangan sampai ada yang menjual BBM oplosan," kata Azhar.

Namun, sebelum turun melakukan pengecekan, pihak Disperindagkop UKM Lebong  terlebih dahulu akan menyurati pihak kecamatan agar melakukan pendataan sejumlah Pertamini yang ada diwilayah kerja mereka masing-masing, untuk mempermudah melakukan pengecekan oleh Disperindag nantinya.
"Sebenarnya kita dari Disperindag sedikit mengalami kesulitan untuk melakukan pengecekan Pertamini ini, karena sejauh ini kita tidak pernah mengeluarkan rekomendasi perizinan pertamini tersebut. Makanya, agar tidak dianggap melegalkan aktivitas pertamini ini, kita terlebih dahulu menyurati kecamatan untuk melakukan pendataan jumlah Pertamini yang ada, serta berkoordinasi dengan instansi yang membidangi soal penerbitan perizinan," terang Azhar.

Terpisah, Kapolres Lebong AKBP Zainul Arifin SE MH melalui Kasat Reskrim AKP Tatar Insan SH mengimbau agar warga yang merasa dirugikan akibat penjulan BBM oplosan untuk melapor ke Polres Lebong.
"Sejauh ini belum ada warga yang melaporkan terkait peredaran BBM Oplosan ini, namun kita imbau bagi warga yang merasa dirugikan, supaya melapor agar bisa ditindak lanjuti," tegas Kasat.
Ditambahkan Kasat, pengawasan peredaran BBM oplosan ini merupakan kewenagan dari pihak Dinas Perdagangan Kabupaten lebong. Sedangkan, untuk melakukan pengecekan langsung ke lapangan atau melakukan operasi, prosedurnya dilakukan dengan membentuk tim bersama antara pemerintah daerah, polres dan instansi lainya. (kif)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Telusuri Indikasi BBM Oplosan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai