Monday, 24 April 2017

SD dan SMP Juga Bakal Dapat Bosda


CURUP RPP – Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) tahun 2017 Kabupaten Rejang Lebong (RL) tidak hanya untuk SMA/SMK saja, tapi juga akan dikucurkan ke siswa SD dan SMP. Anggarannya akan diusulkan berbarengan di APBD Perubahan tahun 2017.
"Karena Bosda SMA/SMK beberapa waktu lalu tidak bisa dicairkan karena pengalihan status ke provinsi, maka akan diusulkan di APBDP 2017. Nah berbarengan dengan itu juga akan kita usulkan Bosda untuk SD dan SMP,” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten RL, T Samuji, S.Pd melalui Sekretaris Dikbud, Drs. Noprianto, MM, kemarin.

Hanya saja, lanjut Nopri, untuk SMA/SMK namanya nanti bukan lagi Bosda tetapi bantuan pendidikan berupa beasiswa SMA/SMK. Tetapi belum bisa dipastikan beasiswa prestasi atau beasiswa kurang mampu. "Yang jelas orangtua yang menitipkan anaknya di SMA/SMK RL ini nanti akan mendapatkan bantuan pendidikan," ucapnya.

Selanjutnya bantuan pendidikan bagi SMA/SMK tidak sebesar sebelumnya, karena telah dibagi dengan SD dan SMP. Apalagi untuk SMA/SMK rencananya juga akan mendapatkan BOS provinsi sejenis dengan Bosda. Lebih lagi saat ini sudah ada draf Pergub membolehkan sekolah jenjang SMA/SMK menarik sumbangan dari orangtua.

Ditambah mantan Ketua PGRI ini, untuk anggaran Bosda SD dan SMP belum bisa dipastikan karena pihaknya masih akan melakukan pendataan jumlah siswa dan yang akan menerima Bosda. Dia berharap dengan adanya kebijakan ini bisa terus meningkatkan pendidikan khususnya di RL dan membantu keluarga kurang mampu untuk menyekolahkan anaknya. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: SD dan SMP Juga Bakal Dapat Bosda Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai