Friday, 21 April 2017

PWI Gandeng STAIN Gelar Seminar Anti Hoax

KETUA PWI RL dan Ketua STAIN Curup berdiskusi tentang persiapan kerjasama Seminar Nasional
CURUP RPP - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Rejang Lebong (RL) bersama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup bakal menggelar seminar nasional anti hoax. Rencananya kegiatan bakal digelar Juli 2017 mendatang.

Ketua STAIN Curup, Rahmad Hidayat, M.Pd M.Ag dalam pertemuan dengan pengurus PWI RL, Kamis (20/4) mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini.

Menurutnya, banyaknya berita hoax belakangan ini memang membuat stabilitas di masyarakat tergannggu. Karena bukan hanya mengangkat tentang isu sosial, namun berita hoax juga sudah mengarah kepada agama. "Ini kegiatan yang sangat baik, kegiatan ilmiah seperti ini tentu kami sangat mendukung jika mau diadakan dan bekerjasama dengan kami di sini," ujar Rahmad.

Pria asal Solok, Sumatera Barat itu menambahkan, munculnya berita hoax dibidang agama itu dikarenakan banyaknya ahli tafsir dadakan yang tanpa adanya pendidikan di bidang tafsir. Sehingga mereka dengan bebas menafsirkan segala sesuatu tentang agama lalu disebar luaskan tanpa adanya pertanggung jawaban.

Begitu juga dengan informasi umum yang kerap meresahkan masyarakat. "Makanya saya sangat setuju, apalagi ini yang mengadakan adalah kawan-kawan jurnalis. Sehingga ini adalah orang yang berkompeten untuk menjelaskan bagaimana informasi yang benar dan hoax, sehingga pembaca diharapkan bisa menyaringnya," tukasnya.

Sementara itu, Ketua PWI RL, Hasan Basri mengaku sangat berterimakasih atas sambutan hangat dari STAIN Curup untuk menggelar acara seminar yang rencananya akan menghadirkan pemateri nasional dan Kapolda Bengkulu itu.
"Ini merupakan gebrakan kita untuk memberikan pencerdasan kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum tentang informasi. Karena sekarang dunia informasi sudah sangat terbuka sehingga sulit untuk mengendalikannya. Kita sebagai pengguna jaringan informasi itulah yang harus bisa memilih mana yang benar dan mana yang hoax atau informasi palsu. Semuanya akan dikupas di seminar ini nanti," tutup Hasan. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: PWI Gandeng STAIN Gelar Seminar Anti Hoax Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai