Wednesday, 5 April 2017

PGE Lanjutkan Pengeboran Sumur II

BUPATI RL menerima cinderamata dari Direktur Utama PGE Irfan dalam acara syukuran kemarin. Foto: Buyono Radar Pat Petulai.
CURUP RPP - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) menggelar syukuran Tajak Sumur Eksplorasi BDN-B/1 PT PGE, mengusung tema akselerasi pengembangan geothermal untuk negeri, Selasa (4/4) di Logyard PGE Bukit Daun, perbatasan RL -Lebong.

Direktur Utama (Dirut) PT PGE Irfan Zainuddin mengatakan, pengeboran sumur I sudah selesai dengan kedalaman 3.140 meter. Potensinya sangat besar, karena potensi panas bumi di dunia ini 40 persennya ada di Indonesia. Menurutnya, potensi kearifan lokal panas bumi ini harus kita manfaatkan untuk lokasi sekitarnya. "Kita harapkan ada tambahan energi panas bumi. Karena itu, kami sangat mengharapkan dukungan dan doa dari masyarakat Lebong dan RL. Di Kamojang (Jawa Barat) sudah berproduksi selama 30 tahun, dan harapan kita nanti di sini bisa berproduksi dalam jangka waktu yang panjang bahkan bisa ratusan tahun," ungkapnya.

PGE menargetkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) berkapasitas 3x3 MW beroperasi komersial bertahap pada 2021 dan 2024. PT PGE akan menyelesaikan proyek ini secara total project yaitu dari pengelolaan lapangan panas bumi hingga pembangkit listriknya.

Sementara itu, Bupati RL DR (HC) H Ahmad Hijazi SH M.Si dalam sambutannya mengatakan, kegiatan PGE ini merupakan hajatan besar negara dan harus kita dukung serta disukseskan bersama. Karena kalau ini berhasil maka yang akan mendapatkan dampaknya adalah masyarakat daerah kita. "Kita sepakati mendukung kegiatan ini bersama-sama dan menikmati hasilnya bersama-sama untuk kesejahteraan masyarakat. Kita juga sudah mengupayakan agar potensi panas bumi di Gunung Kaba yang merupakan perbatasan antara RL dan Kepahiang," kata bupati.

Di sisi lain, Bupati Lebong, H Rosjonsyah S.IP M.Si mengatakan bahwa potensi panas bumi seperti ini jangan diributkan antar kedua belah pihak antara Lebong dan RL. Tapi harus kita syukuri, karena nantinya bakal berdampak pada perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah.

Syukuran ini dihadiri oleh Bupati RL, Bupati Lebong, Sekda RL, Dandim 0409 RL, Kapolsek Bermani Ulu, SKPD RL, Lebong, Camat BUR dan kades se Kecamatan BUR. PGE juga membagikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada pelajar kurang mampu dan berprestasi di lokasi syukuran berupa perlengkapan sekolah.(yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: PGE Lanjutkan Pengeboran Sumur II Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai