Tuesday, 11 April 2017

Peserta Suluk Sudah 300 Orang

TEMPAT ZIKIR: Inilah salah satu bakal lokasi jamaah Suluk melakukan zikir nantinya.
CURUP UTARA RPP - Meskipun pelaksanaan suluk di gedung pelatihan rohani Thoreqat Naqsyabandiyah Desa Suka Datang Kecamatan Curup Utara baru akan dilaksanakan akhir Mei mendatang. Namun menurut Wakil Ketua Thoreqat Naqsyabandiyah, Edy Rusman, saat ini sudah ada sekitar 300 orang yang mendaftarkan diri untuk mengikuti suluk tahap I awal ramadhan 1438 Hijriyah mendatang.

Saat ditemui di gedung pelatihan rohani Thoreqat Naqsyabandiyah kemarin, Edy memaparkan segala persiapan sudah mulai dilakukan oleh panitia untuk menggelar suluk tahun ini. Mulai dari persiapan didalam gedung hingga pada persiapan teknis yang bakal dilaksanakan oleh para jemaah suluk. "Sudah ada sekitar 300 orang yang mau ikut suluk tahap I. Kita belum berapa jumlah pendaftarannya, nanti kita tentukan dengan melihat naik atau turunnya harga kebutuhan bahan-bahan makanan yang dibutuhkan oleh jamaah," ungkap Edy.

Mengenai kapasitas kelambu yang akan disiapkan oleh panitia, Edy mengaku belum bisa menyimpulkannya sekarang. Karena bilik yang dipakai untuk berdzikir itu belum disusun oleh panitia. Sedangkan ukurannya menurut Edy, per orang disediakan bilik yang dilengkapi dengan kasur dan kelambu dengan luas 1 x 1 meter. Karena kalaupun dilebarkan, dianggap banyak tempat yang mubazir, karena saat berdzikir jamaah dalam posisi bersimpuh.

Ada dua lantai yang akan kembali digunakan oleh para peserta tahun ini, namun ada beberapa fasilitas tambahan yang menurut Edy sengaja dibuat untuk membuat jamaah merasa nyaman dan tenang selama melaksanakan ibadah di bulan suci ramadhan di gedung ini. Seperti pembuatan dapur permanen yang dilengkapi rolling door sehingga tidak berisik sampai kedalam gedung tempat berdzikir.

Kemudian untuk para panitia dan anak-anak juga sudah disediakan tempat khusus untuk beristirahat, sehingga tidak bercampur dalam lokasi ibadah para jamaah. Lokasinya di lantai II, dimana tangganya berada tidak jauh dari pintu menuju dapur.
"Harapan kita setiap tahun ada penambahan fasilitas supaya jamaah bisa melaksanakan ibadah dengan khusuk dan tenang. Lahan parkir kita sangat luas, karena kita sudah membeli lahannya. Bahkan nanti untuk dokter kita akan mengambil jasa dokter polisi (Dokpol) dari Polda Bengkulu. Sehingga harapan kita kondisi kesehatan para jamaah tetap terjaga dengan baik selama mengikuti suluk," paparnya.

Edy menambahkan, suluk tahap I akan digelar mulai malam ke-4 bulan ramadhan, selama 10 hari. Kemudian, jika masih ada jamaah yang ingin mengikuti suluk di tahun ini, sedangkan tidak tercover di dalam suluk tahap I maka panitia akan membuka suluk tahap II. "Biasanya suluk tahap II ini kita buka setelah 4 hari pasca penutupan suluk tahap I, waktunya juga selama 10 hari di bulan ramadhan," tutup Edy. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Peserta Suluk Sudah 300 Orang Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai