Friday, 28 April 2017

Pemkab Bingung Salurkan Rastra

Ilustrasi
CURUP RPP - Hingga akhir April 2017 belum diketahui kapan beras sejahtera (Rastra) akan disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Padahal sebentar lagi akan memasuki bulan ramadhan yang biasanya diiringi dengan kenaikan harga kebutuhan pokok.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Penyertaan Modal Zulfan Effendi, MM mengaku mereka masih kebingungan soal dana pendamping dalam penyaluran rastra. Sebab pemkab tidak memiliki anggaran dana pendamping di APBD.

Padahal dalam penyalurannya dari titik distribusi ke titik bagi seluruh biaya operasionalnya bukan lagi menjadi tanggung jawab bulog, namun tanggung jawab pemkab. Menurut Zulfan setidaknya dibutuhkan dana sekitar Rp 600 ribu untuk setiap desa per satu kali penyaluran rastra. Dana pendamping tersebut dibutuhkan untuk membayar petugas jaga beras selama berada di titik distribusi sebelum dibagikan ke setiap desa/kelurahan, kemudian transportasi dari titik bagi ke titik distribusi di setiap desa dan kelurahan.
"Kita tidak bisa lagi menetapkan biaya tambahan ini yang dibebankan kepada penerima, nanti pungli. Bisanya adalah sumbangan sukarela dari penerima, tapi apakah cukup untuk memenuhi biaya itu kalau hanya sumbangan. Sekarang kita naikkan surat petunjuk ke bupati untuk menyelesaikan masalah ini, tapi suratnya belum turun," ujar Zulfan.

Supaya kejadian serupa tidak terulang lagi, Zulfan memastikan ke depan mereka akan mengusulkan anggaran dana pendamping rastra ini. Sehingga masyarakat miskin juga terbantu karena tidak lagi dibebankan biaya penyalurannya. Selain itu proses penyalurannya juga akan lebih cepat karena dananya sudah siap. Karena saat ini hanya dana pendamping itulah yang menjadi kendala, sedangkan stok beras di gudang Bulog sudah tersedia.
"Meskipun nanti misalnya bisa disalurkan Mei, penyalurannya tetap dibagi per dua bulan. Kemudian seminggu lagi disalurkan lagi yang jatah dua bulan, jadi tidak bisa lebih dari itu. Aturannya seperti itu, mudah-mudahan nanti bupati bisa menjembatani ke FKPD supaya ada jalan keluarnya beras ini bisa disalurkan tapi tidak menyalahi aturan yang ada," tandas mantan Camat Curup Utara ini. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Pemkab Bingung Salurkan Rastra Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai