Monday, 10 April 2017

Pelaku Jambret Merajalela


KASUS penjambretan semakin marak terjadi di Rejang Lebong. Ironisnya korban dari kejadian ini 100 persen perempuan. Bukan hanya menyebabkan kerugian materi, aksi pelaku kadang juga menyebabkan korbannya terluka.

Data diperoleh wartawan koran ini, tahun 2016 lalu terjadi sebanyak 58 kasus penjambretan. Sedangkan data tahun 2017, dari Januari hingga April sudah terjadi 20 kali. Diprediksi tahun ini akan meningkat jika semua pihak tidak berperan aktif turut membantu aparat kepolisian dalam mencegahnya.
Catatan wartawan koran ini dari sejumlah kejadian, kawanan pelaku jambret yang sedang marak melancarkan aksinya saat ini menggunakan motor jenis Supra. Lokasi tempat mereka melancarkan aksinya di Jembatan dua Kelurahan Air Putih Baru Kecamatan Curup Selatan pada jam-jam-jam malam, antara pukul 19.00- 22.00 WIB.

Ada juga pelaku lainnya yang menggunakan motor jenis Yamaha Vixion warna putih. Yang ini lebih ganas lagi, beraksi tak mengenal waktu baik pagi, siang, maupun malam hari. Lokasi tempat mereka beraksi biasanya lebih luas. Mulai dari Jalan MH. Thamrin Kelurahan Air Rambai, Jalan Suprapto Kelurahan Talang Rimbo, Jalan Ahmad Marzuki Kelurahan Air Rambai, jalan Simpang Perumnas tembus Tembus Air Meles, Jalan Jend Sudirman Kelurahan Tempel Rejo, Jalan S Sukowati, Jalan Iskandar Ong dan  Jalan Ak Ghani.

Melihat lokasi-lokasi tempat para pelaku beraksi, menunjukkan tingkat kerawanan hampir menyeluruh di jalan-jalan pusat kota. Tentu hal ini harus benar-benar menjadi skala prioritas oleh aparat kepolisian. Apalagi hampir seluruh korbannya perempuan yang mengendarai sepeda motor sendirian atau berboncengan. 


Jika diakumulasi, kerugian para korban mencapi ratusan juta. Tak hanya itu, banyak juga korban yang mengalami luka-luka akibat sepeda motornya terjatuh saat dijambret. Diantara korban juga ada yang terkena sabetan senjata tajam pelaku jambret.

Modusnya kawanan pelaku membuntuti korban dari belakang baik disekitar bank bahkan ada juga pelaku yang mengintai sejak korban keluar dari bank. Korban kemudian dibuntuti begitu ada kesempatan jalan yang sepi barulah pelaku beraksi.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK melalui Paur Humas Ipda Ahmad Gunawan, SH ketika ditemui di ruang kerjanya Sabtu (8/4) mengakui saat ini aksi jambret yang dilakukan kawanan pelaku saat ini sedang marak terjadi. Pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin dengan melakukan patroli rutin di jam-jam rawan antara pukul 01.00 - 21. 00 WIB setiap harinya.
“Dari upaya ini kita sudah berhasil meringkus puluhan kawanan pelaku dan jaringannya termasuk penadahnya,” ungkapnya.
Ahmad Gunawan

Ia juga mengapresiasi tingginya kesadaran masyarakat  dengan turut membantu menjaga keamanan lingkungan. Terbukti, diantara para pelaku jambret juga banyak yang berhasil diamankan warga.
Namun semua upaya yang sudah dilakukan akan kurang maksimal jika masyarakat sendiri tidak berupaya mencegahnya. Dijelaskan untuk meminimalisir tindak kejahatan di jalan raya, harus dimulai dari diri sendiri. Terutama perempuan. Misalnya dengan tidak memakai perhiasan berlebihan, menempatkan tas pada tempat yang paling aman. Terlebih saat bepergian sendirian mengendarai sepeda motor. "Mari kita tutup celah untuk kawanan pelaku beraksi," ajak Gunawan.

Gunawan juga meminta para korban untuk cepat melapor ke pihaknya setelah tyerjadi aksi penjambretan. Dengan begitu pihaknya bisa cepat melakukan penanganan. “Kita sudah memiliki pelayanan P.A.De, jadi silahkan manfaatkan pelayanan tersebut sehingga penanganan tindak kriminalitas bisa dilakukan sesegera mungkin,” tandasnya. (wsa)

Tips Hindari Jambret


1. Waspadai terhadap orang-orang yang mencurigakan dan kendaraan lain yang berada dibelakang yang tidak dikenal.

2.  Terutama perempuan, jangan berkendaraan sendirian serta menghindari jalanan sepi.

3. Jangan gunakan barang berharga seperti perhiasan emas berupa gelang kalung yang terlihat oleh orang lain sebab bisa memancing pelaku beraksi.

4. Masyarakat sekitar berpartisipasi aktif jika melihat dan mendengar tindak kriminalitas untuk menjadi saksi, sebab saksi akan dilindungi secara hukum.

 5. Gunakan layanan P.A.De. Rejang Lebong yang sudah bisa diakses semua masyarakat. Sebab kecepatan korban memberi informasi secepat itu juga tindakan yang dilakukan Polisi dalam pengungkapan.

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Pelaku Jambret Merajalela Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai