Friday, 7 April 2017

Lokasi Pemindahan TPU Berubah

Pranoto Majid
CURUP RPP – Ini informasi terbaru terkait relokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Talang Rimbo Baru. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab RL, Pranoto Majid, SH, M.Si mengatakan lokasi tempat relokasi mengalami perubahan. Jika sebelumnya kuburan Talang Rimbo Baru akan dipindahkan ke kawasan Kelurahan Talang Rimbo Lama, tepatnya di kawasan dua jalur. Namun sekarang bergeser ke perbatasan Lubuk Ubar dengan Pungguk Lalang, tidak jauh dari jalan baru yang tembus ke Talang Benih.
"Dasar kita adalah Undang-Undang Nomor 02 tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum. Intinya pemerintah daerah menjamin ketersediaan tempat pemakaman umum (TPU). Ini menjadi dasar, apakah ini nanti untuk relokasi atau tempat pemakaman baru," ungkap Pranoto.

Mantan Kabag Hukum Setdakab RL itu menambahkan, bakal lokasi TPU tersebut terdiri dari satu hamparan seluas 5 hektare, dengan kemiringan yang tidak terlalu parah sehingga masih bisa diratakan. Sedangkan untuk konsep relokasi sampai sekarang menurutnya belum dibahas.

Namun dipastikannya, pemindahan makam itu belum tahun ini. Karena pada tahun ini pemkab hanya akan melakukan pengadaan tanah terlebih dahulu. "Setahu saya dananya itu ada Rp 20 miliar, itu includ semuanya untuk pembelian tanah tahun ini. Termasuk tanah untuk lahan Denzipur yang tidak jadi, nanti di APBDP itu juga akan diubah penggunaanya. Kalau lahan sport centre itu sudah ada sekitar 7 hektare," tandasnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Lokasi Pemindahan TPU Berubah Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai