Wednesday, 19 April 2017

Kuota TKS Berkurang Lagi, Hanya Diambil 500 Orang

Ribuan orang mengisi soal tes dengan serius pada saat seleksi tes TKS di GOR Curup beberapa waktu lalu.
CURUP RPP – Sebanyak 3.129 peserta tes calon Tenaga Kerja Sukarela (TKS) akhir Maret lalu harus kembali merasakan kekecewaan. Pasalnya kuota TKS yang bakal diterima kembali berkurang dari rencana awal.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) RL, Khirdes Lapendo Pasju, S.STP, M.Si kemarin mengatakan calon TKS yang bakal diterima untuk ditugaskan di seluruh SKPD di lingkungan Pemkab RL hanya sekitar 500 orang saja. Kemudian ditambah sekitar 600 orang lebih TKS non tes, sehingga secara keseluruhan jumlah THL di RL sekitar 1.200 orang. Jumlah ini berkurang jika dibandingkan dengan perencanaan awal sekitar 1.500 orang yang akan diterima.

Dijelaskan Khirdes, pengurangan ini dilakukan setelah mendapatkan pemaparan kebutuhan disetiap SKPD dengan mengacu pada ketersediaan anggaran di APBD tahun 2017. Jadi bukan karena faktor lain, namun memang pemkab berusaha untuk menjadikan honor TKS layak dengan ketentuan jumlahnya harus disesuaikan juga dengan kemampuan anggaran. "Jadi memang ini kita sesuaikan dengan kebutuhan yang dianggap mendesak disetiap SKPD, dan kita ingin honor mereka itu layak,” ujarnya.

Soal jadwal pengumuman, belum bisa dipastikan kapan akan dilakukan. Sejauh ini, pihaknya masih memeriksa satu per satu jawaban para peserta dengan menggunakan kunci jawaban. Karena pemeriksaan secara manual itulah yang membuat prosesnya lebih lambat. "Masih kita periksa dan saya tidak bisa memastikan kapan akan selesai. Tapi kita targetkan dalam bulan April ini semuanya selesai dan Mei 2017 mereka sudah bisa bertugas. Sedangkan untuk teknis pengumumannya akan dikoordinasikan dulu dengan Sekkab yang juga ketua seleksi TKS,” tandasnya. 

Sementara itu, salah satu peserta tes TKS Sofian Azhar (29) mengaku kecewa dengan adanya pengurangan kuota TKS yang bakal diterima. Pasalnya, sebelum tes dilaksanakan pemkab telah menginformasikan bahwa akan ada sekitar 1.500 orang yang bakal diterima dan ditempatkan di beberapa SKPD.
"Kecewa pastinya, kalau ada pengurangan seperti ini tentu semakin kecil harapan untuk lulus sedangkan pesertanya lebih dari 3.000 orang. Kami hanya berharap pemeriksaan jawaban tes dan pengumuman nanti dilakukan secara objektif dan professional. Serta berharap juga pemerintah bisa menyediakan lowongan kerja lagi untuk masyarakatnya," kata Sofian. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Kuota TKS Berkurang Lagi, Hanya Diambil 500 Orang Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai