Monday, 10 April 2017

Kopi Sintaro Bakal Tampil di TMII


SINDANG DATARAN RPP - Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Bengkulu, Buyung Azhari, didampingi Kadistan dan Sekretaris Bappeda Rejang Lebong, melakukan kunjungan khusus ke Kelompok Tani (Poktan) Perkasa Tani di Desa Empat Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran, Sabtu (8/4). Kedatangan Buyung dan rombongan disambut oleh Camat Sindang Dataran Suradi Ripa'i, Kades Empat Suku Menanti Jumari, dan Ketua Poktan Perkasa Tani Budi bersama anggotanya.

Menurut Buyung, kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari ketertarikan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti terhadap Kopi Sindang Dataran Robusta (Sintaro) yang dikelola dan dikembangkan secara mandiri oleh Poktan Perkasa Tani. "Kopi merupakan komoditi unggulan yang masuk dalam program prioritas gubernur untuk terus dikembangkan. Bahkan gubernur berkeinginan membentuk Kampung Kopi yang rencananya akan diplot di wilayah Kabupaten Kepahiang dan Rejang Lebong, salah satunya di wilayah Sindang Dataran ini," kata Buyung mengawali pembicaraan.

Pendirian Kampung Kopi ini, tambahnya, juga berkaitan erat dengan rencana pagelaran Festival Kopi Internasional yang bakal dilaksanakan pada tahun 2019 di Bengkulu. "Terkhusus untuk Kopi Sintaro ini, gubernur ingin agar kita dari Distan Provinsi memberikan dukungan dan pendampingan penuh, sehingga Kopi Sintaro yang diakui memiliki nilai cita rasa teratas ini tak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga dikenal hingga ke manca negara. Dan satu lagi, gubernur juga meminta kesiapan Poktan Perkasa Tani untuk membawa dan menampilkan Kopi Sintaro pada bazar dan pameran dalam rangka ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta pada 15 April ini," ujar Buyung.

Pertemuan yang berlangsung selama sekitar 2 jam itu merupakan angin segar bagi Poktan Perkasa Tani untuk terus berkarya dan meningkatkan usaha kelompok yang sudah berjalan selama lebih kurang 2 tahun ini. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh ketua dan anggota Poktan Perkasa Tani untuk menyampaikan permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam usaha pengembangan kopi ini. Mulai dari soal ketersediaan pupuk, peralatan produksi, hingga pengetahuan dalam hal pengembangan cita rasa kopi. "Pada kesempatan ini kami sangat mengharapkan adanya bantuan pendampingan dari pemerintah provinsi, dalam hal ini Dinas Pertanian, terutama soal pembinaan dan pelatihan sumber daya manusia untuk pengembangan produksi kopi, agar cita rasa kopi Sintaro semakin dikenal," harap Ketua Poktan Perkasa Tani, Budi. (**)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Kopi Sintaro Bakal Tampil di TMII Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai