Thursday, 27 April 2017

Konsumen Dituntut Cerdas

CERDAS: Suasana sosialisasi perlindungan konsumen yang dilakukan Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Rejang Lebong, Rabu (26/4) kemarin.
CURUP RPP - Menyikapi masih adanya pedagang nakal, baik penggunaan bahan-bahan berbahaya, penjualan makanan kemasan kedaluarsa/rusak, atau memainkan timbangan, maka konsumen dituntut cerdas sebelum membeli.

Untuk meningkatkan pengetahuan konsumen terkait hal ini, Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Rejang Lebong (RL) mensosialisasikan perlindungan konsumen. Mulai dari tingkat masyarakat, karang taruna, guru, industri rumah tangga, dan lain sebagainya. Sosialisasi dilakukan di Hotel Griya Anggita, Rabu (26/4), dengan pemateri dari Dinas Perindustrian Perdagangan Provinsi Bengkulu dan BPOM Provinsi Bengkulu serta Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian RL.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM Perindustrian RL Sabirin Saleh SE melalui Kepala Seksi Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian Nahwan SH mengatakan, tujuan dari acara ini adalah meningkatkan kesadaran dan pengetahuan konsumen khusus terkait mesalah-masalah berkenaan dengan perlindungan konsumen. "Kegiatan ini memberikan penerangan, penyuluhan atau pendidikan terhadap konsumen. Tak hanya mengenai barang, tetapi yang lebih penting membangkitkan perlindungan terhadap keselamatan, kesehatan dan kelangsungan hidup," kata Nahwan.

Jadi, tambahnya, dengan mencerdaskan konsumen maka barang yang dijual yang tidak baik untuk kesehatan, keselamatan dan kelangsungan hidup bisa terhindari. "Bukan hanya hanya soal kedaluarsa, penggunaan bahan berbahaya dan produk yang legal, namun produk-produk yang kemasan rusak dan label yang rusak juga diingatkan untuk tidak dibeli," terang Nahwan. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Konsumen Dituntut Cerdas Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai