Thursday, 27 April 2017

Ka Ga Nga Tak Boleh Punah

NOPRIANTO
SAAT ini, masih banyak siswa-siswa yang berasal dari Kabupaten Rejang Lebong (RL) lupa atau bahkan tidak mengenal huruf Rejang, Ka Ga Nga. Untuk mengatasi permasalahan ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten RL akan mengadakan perlombaan Ka Ga Nga pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 137 Kota Curup, Mei mendatang.

"Ka Ga Nga tidak boleh punah, karena ini sudah menjadi bahasa kita orang Rejang. Selain itu Ka Ga Nga juga tetap diajarkan di sekolah tingkat SD dan SMP dalam mata pelajaran muatan lokal," kata Kepala Dinas Dikbud RL, T Samuji S.Pd melalui Sekretarisnya Drs Noprianto MM.

Nopri menambahkan, dalam perlombaan Ka Ga Nga ini, nanti setiap sekolah mulai dari SD hingga SMA/SMK wajib memiliki 3 orang siswa perwakilan sekolah. Sehingga ini bukan hanya sekedar kompetisi dalam memeriahkan HUT Kota Curup, tetapi juga merupakan bentuk partisipasi siswa untuk kemajuan budaya RL. "Kalau bisa jangan hanya ikuti lombanya saja, tetapi siswa juga bisa memetik banyak pelajaran dari perlombaan itu," tambahnya.

Sementara itu, digelarnya perlombaan Ka Ga Nga ini sangat bagus. Karena bisa terus melestarikan budaya Rejang. Selain itu bisa terus dipertahankan dan setiap tahun bisa digelar. Karena ini juga menyangkut seni budaya jangan sampai punah.

Dia berharap, pada perlombaan menulis Ka Ga Nga yang akan diselenggarakan pada Selasa (9/5) di Aula Yonif 144/Jaya Yudha mendatang bisa diikuti banyak peserta. Sehingga meskipun para peserta nanti tidak mendapatkan juara tetapi bisa mendapatkan banyak pelajaran dari perlombaan tersebut. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Ka Ga Nga Tak Boleh Punah Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai