Sunday, 16 April 2017

Ini Cara Pemkab RL Tekan Angka Kemiskinan

AHMAD HIJAZI
CURUP RPP - Kenaikan angka kemiskinan tahun 2017 ini di Kabupaten Rejang Lebong (RL) dari 19.514 KK di tahun 2016 menjadi 21.465 kepala keluarga (KK) mendapatkan perhatian serius Pemkab RL. Seperti dikatakan oleh Kepala Bagian Administrasi Penyertaan Modal dan Perekonomian Setdakab RL Zulfan Effendi, MM.

Menurutnya Bupati RL DR (HC) H Ahmad Hijazi, SH M,Si menginginkan setiap kecamatan punya 1 gudang yang menjual sembako yang bisa dibarter dengan hasil bumi. Kemudian untuk menyediakan Sembako yang murah mereka akan bekerjasama dengan Perum Bulog dan Badan Usaha Milik Desa (BUMD).
"Jadi di gudang itu nantinya menyediakan Sembako dengan harga yang murah namun berkualitas. Sehingga, bagi masyarakat yang punya hasil pertanian bisa menukarnya dengan sembako tersebut. Nanti, penyediaan beras dan juga sembako lainnya bekerjasama dengan Bulog dan BUMD," ungkap Zulfan.

Hal ini dilakukan untuk menekan angka kemiskinan di RL. Karena masyarakat bisa memanfaatkan lahan pekarangannya untuk menanam sayuran atau hasil bumi lainnya yang kemudian bisa dijual di gudang yang dimiliki oleh pemerintah tersebut. Cara ini diyakininya bisa menekan angka kemiskinan.
"Selama ini masyarakat bingung untuk menjual hasil bumi dengan jumlah yang sedikit. Makanya kita akan berikan fasilitasnya di setiap kecamatan. Wacana ini sudah kita mulai susun bagaimana teknisnya, dengan harapan keberadaan ini tidak mempengaruhi warung-warung dimaysarakat. Malahan kita harapkan bisa bersinergi dan ikut menekan inflasi," tutup mantan camat Curup Utara ini.(yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Ini Cara Pemkab RL Tekan Angka Kemiskinan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai