Thursday, 27 April 2017

Ikatan Pemuda Lebong Bakal Pamerkan Sirup Gerga

Ilustrasi
IKATAN Pemuda Kabupaten Lebong (IPKL) akan memamerkan produk baru berupa sirup jeruk gerga di Bumi Swarang Patang Stumang. Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan dan Penalaran IPKL, Riska Dua Putra.

Ia menjelaskan, saat ini setidaknya hampir 200 hektare lebih milik kelompok tani maupun kebun perorangan warga di Kabupaten Lebong mengharapkan peningkatkan nilai jual jeruk gerga, baik di dalam maupun di luar daerah. Untuk mengupayakan hal tersebut, tentunya dengan menciptakan produk olahan baru seperti sirup jeruk gerga yang merupakan hasil olahan para petani jeruk gerga di Kabupaten Lebong.
"Untuk mendukung hal itu idealnya mendapat sentuhan dari pemerintah maupun instansi terkait. Karena melalui cara ini, ke depan tidak hanya meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri. Efek positifnya juga mempromosikan daerah," jelasnya.

Ia menambahkan, awal pemikiran untuk meningkatkan pola produksi jeruk gerga lantaran memang pada awal mulanya dari cerita petani jeruk gerga di wilayah Kecamatan Rimbo Pengadang. Sebelumnya mereka mempunyai produk olahan sirup jeruk gerga sebagai percobaan olahan para petani jeruk gerga. Saat ia ingin melihat produk olahan berupa sirup gerga, ternyata sudah tidak diolah lagi sejak dua tahun terakhir, mengingat keterbatasan infrastruktur dan modal para petani jeruk.
"Sebenarnya kita melihat potensi kalau di Lebong mempunyai produk jeruk gerga yang sudah dipatenkan. Tentu dengan memiliki produk ini, di sisi lain saya bekerja sebagai Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) di bawah naungan Kementerian Perindustrian, mendorong para petani melanjutkan produksi sirup tersebut. Sangat di sayangkan jika produk baru berupa sirup gerga itu tidak dipatenkan," ujarnya.

Olahan jeruk gerga dibuat dari buah jeruk gerga, gula, asam sitrat dan sedikit pewarna alami. Bermanfaat untuk ketahanan tubuh antara lain sebagai penyegaran tubuh dan mengandung vitamin C. (kif)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Ikatan Pemuda Lebong Bakal Pamerkan Sirup Gerga Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai