Tuesday, 25 April 2017

Hijazi: Perempuan Jangan Lupakan Kodrat

MEMUKAU: Pementasan drama Kartili dan Kartolo yang mengisahkan perempuan berlaku sebagai laki-laki dan laki-laki berlaku layaknya perempuan. Bunda Fitri (istri Bupati RL, red) berperan sebagai Kartini yang menyadarkan Kartili dan Kartolo untuk kembali ke kodratnya.
CURUP RPP - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (Pemkab RL) telah menyelenggarakan peringatan Hari Kartini pada Sabtu (22/4) lalu di Ruang Pola Setdakab RL. Seusai kegiatan, Bupati RL DR HA Hijazi SH M.Si mengatakan, peringatan hari Kartini diharapkan bukan hanya seremonial, tetapi lebih pada pembelajaran nilai-nilai dan moral yang telah ditanamkan oleh seorang Kartini.

Menurutnya, sebagai pejuang, Kartini tidak pernah melupakan kodratnya sebagai perempuan. Tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang perempuan tetap dilaksanakannya dengan baik. Oleh karena itu, bupati mengharapkan hal iniah sebenarnya yang perlu dicontoh oleh perempuan atau para Kartini masa kini. Meski secara umum perempuan di RL sudah cukup baik. "Di sini Kartini masa kininya sudah baik, tapi perlu ditingkatkan lagi. Sekarang sudah emansipasi wanita, namun tidak boleh kebablasan. Perempuan tetaplah perempuan yang punya kodrat berbeda dengan laki-laki. Meski kedudukannya bisa sama atau melebihi laki-laki, tapi kodrat dari Allah SWT tidak bisa untuk dihilangkan. Misalnya perempuan karir, tugas dan fungsinya di rumah tangga harus tetap dijalankan sebagaimana mestinya, itu kodrat perempuan," ungkap bupati.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten RL Hj Fitri Hertikasari Hijazi SE dalam sambutannya, mengaku sangat mengapresiasi kaum perempuan masa kini yang sudah banyak mendapatkan posisi kesetaraan gender dengan laki-laki. Akan tetapi, perempuan yang akrab disapa Bunda Fitri ini mengajak seluruh perempuan untuk meningkatkan kesehatan keluaraga dalam menunjang pembangunan ekonomi rumah tangga. "Mari kita tingkatkan kesehatan keluarga untuk menunjang pembangunan ekonomi rumah tangga. Sekarang perempuan sudah mampu berbicara banyak dalam pemerintahan, bahkan ada perempuan yang kedudukannya melebihi kaum laki-laki. Tapi kodrat kita tetaplah sebagai perempuan yang harus kita laksanakan dengan baik," ajak bunda.

Kegiatan yang dihadiri unsur FKPD, SKPD dan tamu undangan itu juga disuguhi pementasan drama berjudul "Kartili dan Kartolo" yang mengisahkan tentang kehidupan Kartili seorang perempuan tomboi dan Kartolo sang kembaran Kartili yang merupakan seorang Waria. Setelah disadarkan oleh Kartini yang diperankan oleh Bunda Fitri, keduanya menjalani kodratnya masing-masing menjadi perempuan dan laki-laki sejati. Drama ini sangat menarik seluruh orang yang menghadiri acara tersebut, karena diselingi dengan tingkah kocak pemerannya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Hijazi: Perempuan Jangan Lupakan Kodrat Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai