Wednesday, 12 April 2017

Hari Kedua, UNBK Pakai Genset

SERIUS: Pelaksanaan UNKP di SMA Muhammadiyah Tempel Rejo. Nampak Siswa sedang mengerjakan LJK.
CURUP RPP – Pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari kedua dengan mata pelajaran Matematika, Selasa (11/4), SMAN 10 RL di Kecamatan Kota Padang terpaksa menggunakan genset. Mulai dari awal pelaksanaan hingga selesai pukul 16.00 WIB.

Diungkapkan Ketua MKKS SMA RL, Hamdan Mahyudin, S.Pd, MM melalui Sekretaris, Tuharlan Efendi, M.Pd, hal ini dilakukan pihak sekolah sebagai langkah antisipasi. Sebab pada hari pertama pelaksanaan UNBK, listrik di sekolah itu sempat padam. "Kalau dari laporan yang kita terima dari seluruh SMA yang melaksanakan UNBK, hanya SMA yang di Kota Padang sedikit ada kendala karena itu terpaksa menggunakan genset," kata Tuharlan

Dikatakan, semua sekolah penyelenggara UNBK memang menyediakan genset sebagai antisipasi meskipun listrik di sekitaran Kota Curup tidak padam. Hal ini dilakukan untuk menghindari jangan sampai UNBK terhambat. Sedangkan untuk masalah jaringan atau sistem saat pengunduhan soal hingga hari kedua tidak ada laporan dari masing-masing sekolah yang terhambat.

Dia berharap, hingga hari terakhir pelaksanaan UNBK ini tidak ada terjadi kendala baik listrik maupun jaringan. Karena menurut Tuharlan semua sistem dan terjadinya lampu padam di luar kendali dan terkadang terjadi begitu saja.

Di sisi lain, pada hari kedua pelaksanaan UN ini untuk sekolah penyelenggaran UNBK ada 1 orang siswa yang tidak masuk dengan alasan sakit yakni dari SMAN 1 RL jurusan IPS dengan alasan sakit dan terpaksa mengikuti ujian susulan mata pelajaran Matematika. Sedangkan untuk UN Kertas dan Pensil (UNKP) tidak ada tambahan peserta yang tidak masuk pada hari kedua.

Pada hari kedua pelaksanaan UNBK, ada 5 sekolah diantaranya SMAN 5 RL dan SMA Xaverius yang mendapatkan kunjungan langsung dari pengawas dan pejabat Dikbud Provinsi Bengkulu. Mengingat SMA sudah menjadi kebijakan dari pemerintah provinsi, sehingga monitoring pun dilakukan secara langsung dari provinsi.

Pantauan RPP, pada pelaksanaan UNKP di SMA Muhmmadiyah Tempel Rejo yang dilaksanakan mulai pukul 10.30 WIB, Kepala SMA Muhmmadiyah Tempel Rejo, Yuniwati, S.Ag mengakui tidak ada kendala untuk pengambilan soal. Jumlah peserta UNKP sekolah ini hanya berjumlah 20 orang, satu diantaranya peserta Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) kategori tuna wicara. Sehingga 1 orang siswa tersebut digabungkan dengan siswa yang lainnya dalam 1 kelas. "Saat pengambilan soal ke Polres hingga UN selesai, tetap mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian," singkat Yuni. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Hari Kedua, UNBK Pakai Genset Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai