Friday, 21 April 2017

Dua Korban Dirujuk ke Palembang Komnas HAM Turunkan Tim

RUJUK: Korban penembakan polisi saat akan dibawa ke Palembang.
LUBUKLINGGAU RPP – Dua korban penembakan secara brutal oleh oknum polisi Kota Lubuklinggau, Sumsel Novianti (30) dan Dewi Erlina (40) dirujuk ke Palembang. Ini dikarenakan Rumah Sakit (RS) dr. Sobirin Musirawas tempat mereka dirawat saat ini kekurangan sarana untuk operasi pemasangan Pen.
"Kondisinya keduanya sudah membaik, tapi karena harus dilakukan pemasangan Pen, jadi harus dioperasi. Kita tidak punya alat bedah, itulah sebabnya mereka berdua kita kirim ke Palembang, sebab di sana alatnya lengkap. Kemungkinan anaknya (Genta) akan ikut juga, sebab tidak mungkin ditinggal,” ungkap Direktur Utama (Dirut) RS dr. Sobirin, dr Harun, Rabu (19/4) petang.

Sementara, sang sopir, Diki masih menjalani perawatan intensif pasca dilakukan operasi pengeluaran proyektil dari dada sebelah kanannya. Diketahui, kondisinya saat ini sudah berangsur-angsur membaik. Bahkan hasil observasi menunjukkan hasil positif.
"Jika keadaannya semakin membaik, tidak perlu Diki dirujuk. Kita akan lihat perkembangannya kedepan dulu seperti apa. Lain apabila kondisinya semakin menurun, baru akan kita rujuk," tandasnya.

Di bagian lain, kasus ini juga mendapat sorotan dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI. Menurut anggota Komnas HAM RI, Natalius Pigai, pihaknya mengutuk keras aksi oknum kepolisian koboy ini.
"Tidak bisa dengan hukuman ringan atau sekedar disiplin. Ini juga harus diberi hukuman tindak pidana, karena itu tidak manusiawi dan bertentangan dengan proses penegakan hukum yang ada di kepolisian," tegasnya saat dihubungi, Kamis (20/4).

Dirinya juga menyoroti mengenai dugaan pelanggaran SOP terhadap pelaksanaan tugas di lapangan. Sehingga, insiden yang tidak diinginkan tersebut terjadi dan memakan korban jiwa.
"Polri harus melakukan upaya reformasi, karena sudah banyak anggota kepolisian melakukan kekerasan. Kami akan segera turun ke Kota Lubuklinggau dan Rejang Lebong bersama tim Komnas HAM lainnya. Bahkan, kami siap intervensi dan mengawal kasus ini, polisi juga harus terbuka terhadap identitas pelaku supaya menjadi efek jera terhadap jajaran lain," tegasnya. (nrf)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Dua Korban Dirujuk ke Palembang Komnas HAM Turunkan Tim Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai